Erick Thohir Buka Suara usai STY Rekrut Pelatih Striker, Akui Timnas Indonesia Masih Lemah di Lini Serang

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka bunyi mengomentari langkah pembimbing Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengangkut Yeom Ki-hun sebagai asisten barunya. Pria berumur 41 tahun diberi tugas untuk mendampingi striker skuad Garuda di kembali layar.

Langkah perekrutan Yeom ke skuad Garuda pun direspons secara positif oleh Erick Thohir. Dia menilai ahli strategi Timnas Indonesia memang butuh tenaga tambahan untuk melatih area serangan, karena mereka kerap kali kandas mengonversi kesempatan menjadi gol di laga-laga krusial.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi sejumlah agenda krusial jelang akhir tahun ini. Pasukan Merah Putih sudah ditunggu pesaing-pesaingnya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia mulai September mendatang.

Jordi Amat dan kawan-kawan tergabung dalam grup C berbareng Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Laga pertama bakal mempertemukan Timnas Indonesia dengan Arab Saudi di Riyadh, sementara duel kedua melawan Australia berjalan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jelang menghadapi laga krusial tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir pun terang-terangan menggarisbawahi kelemahan skuad Garuda. Dia tak menampik lini serang Timnas Indonesia sering tumpul, sehingga kandas mengonversi kesempatan dan malah berujung kebobolan di laga-laga krusial.

"Ya memang untuk tingkatkan kualitas timnas, kita kudu memperkuat tim ya kedokteran, medis, pelatih," ucap Erick Thohir saat ditemui Liputan6.com dan awak media lain selepas konvensi pers di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024) sore WIB.

"Kalau kita lihat, salah satu kelemahan kita ketika bermain beberapa kali, misalnya musuh Irak, kita tidak bisa mencetak gol. Lalu di babak kedua kita malah kena (kebobolan) dua gol," sambung Ketum PSSI.

Berita video Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bicara secara terbuka soal kesempatan untuk naturalisasi penjaga gawang Inter Milan, Emil Audero untuk memihak Timnas Indonesia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Perlu Kuatkan Staf Kepelatihan

Oleh karenanya, guna memperbaiki catatan tersebut, Erick Thohir menilai sangat wajar bagi Shin Tae-yong jika berupaya memperkuat staf kepelatihan.

Langkah ahli strategi Korea Selatan merekrut asisten unik striker pun dianggap sudah tepat lantaran perihal itu bisa membantu mendoorng lini depan Merah Putih jelang menghadapi pertandingan krusial September mendatang.

"Memang (penting) gimana kita meningkatkan kualitas dari goalkeeper dan striker dengan pembimbing nan leih baik. Pelatih goalkeeper kita baik, sekarang STY tambah pembimbing untuk striker," kata Erick Thohir menambahkan.

Jadwal Timnas Indonesia di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2024

5 September 2024

Arab Saudi vs Timnas Indonesia

10 September 2024

Timnas Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024

Bahrain vs Timnas Indonesia

15 Oktober 2024

China vs Timnas Indonesia

14 November 2024

Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024

Timnas Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025

Australia vs Timnas Indonesia

25 Maret 2025

Timnas Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025

Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025

Jepang vs Timnas Indonesia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga