Eks Bos Otorita Sebut Bangun IKN Rp140 T: Rugi Jika Tak Dilanjutkan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono menyebut pembangunan IKN Nusantara sudah menghabiskan anggaran nyaris Rp140 triliun.

"Kita bangun (IKN) sampai 2045. Kemudian, sudah nyaris Rp140 triliun nan ditanamkan di IKN. Ini duit kita semua loh, duit pembayar pajak, duit masyarakat," katanya selepas Peluncuran Buku Membangun Kota Masa Depan Layak Huni dan Berkelanjutan di Perpusnas, Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Oleh lantaran itu, Bambang menekankan krusial untuk memetakan gimana kelanjutan IKN ke depan. Ia nan sekarang mengemban tugas anyar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap melaporkan hasil penugasan baru tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bambang menyebut dua minggu ke depan bakal melaporkan sebuah report alias kajian mengenai IKN Nusantara kepada Jokowi. Walau, dia belum menyebut tanggal pastinya.

"Kalau itu (pembangunan IKN) kelak tidak dilanjutkan, tentunya kita semua rugi. Format apa nan paling pas? Nah, itu kita sedang lakukan kajian ke depannya seperti apa sih. Katakanlah, misalnya, ada satu kondisi di mana dananya gak cukup, biaya APBN, nah apa nan dilakukan?" tutur Bambang.

Ia belum secara blak-blakan mengungkapkan skema apa nan disusun agar pembangunan IKN tetap berlanjut. Bambang juga irit bicara saat ditanya apakah sudah bisa menggaet lebih banyak penanammodal asing ke Nusantara.

Bambang hanya menyebut poin-poin kajiannya adalah gimana membikin IKN tetap bisa berkesinambungan hingga 2045. Ia menekankan pembangunan ibu kota baru itu merupakan amanah Undang-undang.

"(Melaporkan report) ke Presiden (Jokowi), tapi kami juga bakal kelak sebagai pertanggungjawaban publik, kelak kita bakal juga report itu kita buka. Ini untuk kebaikan kita berbareng kok," tandasnya.

Bambang Susantono mendadak mundur dari posisi kepala OIKN, nan diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin (3/6). Pratikno mengatakan pengajuan resign itu sejalan dengan terbitnya keputusan presiden (keppres).

Jokowi kemudian memberhentikan Bambang secara hormat. Pratikno mengatakan Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas keahlian Bambang di OIKN.

"Pak Bambang Susantono bakal diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden (Jokowi) untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN," kata Pratikno usai konvensi pers pengunduran diri Bambang di Istana Negara, Jakarta Pusat.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com