Dibebani Target 4 Besar, Manajer Tim Ungkap Kesiapan Timnas Indonesia Jelang Kejuaraan Voli Asia U-20 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Manajer timnas voli putra Indonesia nan sekaligus menjabat Wakil Ketua Bidang Binpres PBVSI Loudry Maspaitella mengungkap kesiapan skuad Merah Putih jelang tampil dalam arena Asian Men' U-20 Volleyball Championship namalain Kejuaraan Voli Asia U-20 2024 di Surabaya mulai 23 Juli mendatang.

Ia menilai para pemain sudah ada dalam suasana kejuaraan setelah beberapa kali melakoni laga uji coba di Semarang dan Jogja, serta memanaskan mesin dengan bermain di 12 pertandingan PLN Mobile Proliga 2024.

Sekadar informasi, pasukan bola voli putra muda Indonesia sebelumnya memang sempat diturunkan di bawah nama Garuda Jaya untuk tampil dalam kejuaraan bola voli bergengsi Tanah Air.

Ajang itu menjadi semacam percobaan bagi para penggawa Merah Putih jelang melakoni turnamen internasional nan diadakan di dua venue utama, ialah Jawa Pos Arena dan GOR Pancasila, Surabaya.

PBVSI selaku federasi Tanah Air pun memasang sasaran tinggi kepada timnas voli putra Indonesia U-20. Mereka diharapkan bisa mengamankan posisi sebagai empat besar agar mendapat tiket otomatis untuk tampil di Kejuaraan Dunia U-21 pada 2025 mendatang.

"Per hari ini, kondisi pemain alias suasana sudah dalam situasi kompetisi. Beberapa uji coba sudah kami lakukan di Semarang, Yogyakarta, apalagi terakhir dengan klub lokal. Kita lihat ada progres dibandingkan selama Proliga kemarin," ucap Loudry saat datang melalui sambungan video dalam konvensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

"Memang klub-klub Proliga mungkin memandang kami (para pemain Garuda Jaya) gap-nya jauh (dengan mereka). Akan tetapi dari sisi perkembangan, pola permainan, saya berterima kasih untuk semua kejuaraan nan sudah kami itu. Memangkami kalah telak, tapi banyak pengalaman positif nan kami ambil dari kekalahan tersebut.

"Berdasarkan uji coba dari klub lokal, sudah banyak perkembangan dari pola permainan, teknik permainan, bentuk juga semakin membaik. Hasilnya bakal kita lihat kelak pada tanggal 23.

Berita Video, komentar ketua PBVSI setelah Timnas Voli Putra Indonesia sukses raih emas pada Senin (8/5/2023)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Timnas Voli Indonesia U-20 Punya Potensi

Sekadar informasi, timnas voli putra Indonesia nantinya bakal bersaing dengan 15 negara lain dalam Asian Men's U-20 Volleyball Championship di Surabaya.

Sebanyak 4 pool disiapkan nan masing-masing dihuni oleh 4 peserta, dengan skuad Merah Putih tergabung dalam pool A berbareng Hong Kong, Arab Saudi, dan Australia.

Ketum PP PBVSI Imam Sudjarwo menilai timnas voli putra Indonesia punya prospek bagus untuk memenuhi target. Pasalnya jika dilihat dari level persaingan U-20, pasukan Merah Putih idealnya tetap bisa menyaingi trio tim rival.

"Di pool Indonesia ada Hong Kong. Bisa diatasi. (Ada juga) Australia dan kemudian Arab Saudi. Kita jangan memandang timnas, tapi U-20. Kita bisa melawan. Dari empat pool hanya diambil satu saja, juara pool-nya," ucapnya kepada awak media selepas konvensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta pada Rabu (17/7/2024).

"Kita tentu berambisi 4 besar kita masuk di situ. Itu sasaran kita, sehingga di tahun 2025 kita bisa masuk Piala Dunia U-21," kata Imam Sudjarwo selaku Ketum PP PBVSI.

Tak Banyak Bongkar Pasang Skuad

Sekadar informasi, timnas bola voli putra Indonesia nan sebelumnya tergabung dalam Garuda Jaya memang telah disiapkan sejak jauh-jauh hari untuk tampil dalam Kejuaraan Voli Asia U-20 2024.

Ketum PBVSI mengungkap pihaknya tak banyak melakukan bongkar pasang pemain, karena kebanyakan skuad sudah diujicobakan lewat PLN Mobile Proliga hingga AVC Challenge Cup senior di Bahrain bebebrapa waktu lalu.

"Bongkar pasang iya (ada), tetapi tidak banyak lantaran sudah kita persiapkan jauh-jauh sebelumnya. Garuda Jaya sudah lama kita persiapkan, di Proliga mereka hanya uji coba. Setelah itu ada bongkar pasang sedikit lantaran kita kudu bertanding di bahrain untuk avc challenge cup senior," jelas Imam Sudjarwo di SCTV Tower, Senayan, Jakarta pada Rabu (17/7/2024).

"Tapi jika nan sekarang betul-betul sudah fix, 14 orang itu sudah fix, bahwa itu nan bakal kita mainkan (di Asian Men's U-20 Volleyball Championship). mudah-mudahan bisa menampilkan nan terbaik," tambahnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga