Dari Toni Kroos Hingga Luka Modric, Berikut Daftar Pemain yang Akan Pensiun usai Euro 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Jerman bakal menjadi panggung bagi bintang-bintang besar dan talenta baru untuk bersinar. Namun, turnamen nan berjalan selama sebulan ini juga bakal menjadi arena perpisahan bagi beberapa pesepak bola terhebat abad ke-21.

Sudah memasuki fase akhir pada pekerjaan masing-masing, para pemain ini menilai Euro 2024 sebagai panggung ideal sebelum gantung sepatu. Beberapa bakal melakukannya secara total. Namun, ada juga nan tetap bermain di level klub.

Setelah menjadikan turnamen mendatang sebagai penampilan terakhir berbareng tanah kelahiran, para pemain ini tentu bakal memberikan upaya terbaik. Mereka tentu mau mempunyai kenangan bagus pada perpisahan.

Berikut adalah empat pemain top nan diperkirakan bakal tampil untuk terakhir kalinya pada pentas internasional di Euro 2024:

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Toni Kroos

Gelandang legendaris Toni Kroos bakal gantung sepatu setelah Euro 2024, berambisi dapat memimpin tim Jerman meraih kejayaan di tanah sendiri. Kroos, nan sebelumnya telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional pada 2021, memutuskan kembali setelah berbincang dengan pembimbing nasional Julian Nagelsmann.

Pada usia 34 tahun, Kroos tetap menunjukkan visi dan keahlian bola meninggal nan luar biasa. Sebagai bagian dari tim nan memenangkan Piala Dunia 2014 dan menempati posisi ketiga Piala Dunia 2010, Kroos mau menutup pekerjaan gemilangnya dengan trofi Kejuaraan Eropa. Setelah mengumumkan pengunduran diri dari Real Madrid, ini bakal menjadi kesempatan terakhir bagi para fans untuk menyaksikan salah satu gelandang paling berprestasi sepanjang masa beraksi.

2. Olivier Giroud

Olivier Giroud, salah satu striker paling diremehkan di dunia, bakal mengakhiri pekerjaan internasionalnya setelah Euro 2024. Giroud, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis dengan 57 gol dalam 131 penampilan, memutuskan pensiun untuk memberikan ruang bagi generasi baru pemain Prancis.

Meskipun kandas mencetak gol saat Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, Giroud mencetak empat gol krusial pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Pada usia 37 tahun, Giroud tidak mempunyai ekspektasi waktu bermain spesifik di Euro, tetapi dia berambisi dapat menikmati momen terakhirnya berbareng tim nasional. Setelah Euro, Giroud bakal melanjutkan pekerjaan klubnya di Major League Soccer (MLS) berbareng Los Angeles FC.

3. Luka Modric

Luka Modric, pemain Kroasia dengan penampilan terbanyak sepanjang masa, bakal memimpin timnya di Euro 2024, nan kemungkinan bakal menjadi turnamen besar terakhirnya sebelum pensiun dari sepak bola internasional. Modric, nan memulai pekerjaan internasionalnya pada Piala Dunia 2006, tetap menjadi pilar krusial bagi Kroasia.

Meski telah berumur 38 tahun, Modric tetap menjadi pengatur serangan dan pemimpin di lini tengah. Setelah membawa Kroasia finis kedua di Piala Dunia 2018 dan ketiga di Piala Dunia 2022, Modric mau mengakhiri pekerjaan internasionalnya dengan trofi Euro. Ia baru saja memperpanjang kontraknya dengan Real Madrid hingga 2025, menunjukkan komitmennya untuk terus bermain di level klub.

4. Manuel Neuer

Euro 2024 diharapkan menjadi turnamen terakhir bagi kiper Jerman, Manuel Neuer, nan berumur 38 tahun pada bulan Maret lalu. Neuer, nan tidakhadir di Piala Dunia 2022 lantaran cedera, bakal berupaya untuk kembali bermain dan menunjukkan kemampuannya di turnamen ini.

Penjaga gawang Bayern Munchen ini mengalami patah kaki setelah Piala Dunia Qatar dan tidakhadir nyaris setahun. Meski tetap menjadi kiper pilihan pertama Jerman, kemungkinan besar dia tidak bakal bermain di setiap pertandingan di Euro lantaran pembimbing Julian Nagelsmann telah mempersiapkan beberapa kiper untuk berbagi beban kerja.

Namun, jika Neuer dapat pulih sepenuhnya, para fans di Jerman bakal mendapatkan kesempatan terakhir untuk menyaksikan "penjaga penyapu" beraksi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga