Daftar 20 Perusahaan RI dengan Setoran Pajak Terbesar 2023

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 21:04 WIB

DJP memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak grup nan bayar pajak terbesar sepanjang 2023. Berikut 20 daftarnya. DJP memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak grup nan bayar pajak terbesar sepanjang 2023. (CNNIndonesia/Safir Makki).

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada wajib pajak grup nan bayar pajak terbesar sepanjang 2023.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan apresiasi diberikan kepada grup upaya nan memang memberikan setoran pajak terbesar.

Adapun jumlah grup nan bayar pajak tertinggi pada tahun lampau itu mencapai 20 grup. Kendati, Suryo tak merinci berapa setoran pajak nan para pelaku upaya tersebut berikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Suryo pun mengatakan penghargaan juga diberikan sebagai pengingat bahwa pajak nan disetorkan adalah untuk kepentingan masyarakat. Setoran pajak itu dikonversi menjadi subsidi, support langsung tunai, hingga beasiswa.

"Secara prinsip nan kami lakukan adalah mendudukan diri dan menyamakan pandangan bahwa pajak ada untuk negara. Dikumpulkan pajak adalah untuk negara," ucap Suryo dalam aktivitas Malam Apresiasi dan Penghargaan Hari Pajak di Jakarta, Jumat (26/7).

Pemerintah meraup Rp1.869,2 triliun dari pajak sepanjang 2023. Penerimaan pajak itu melampaui sasaran APBN 2023, yaki sebesar Rp1.718 triliun.

Angka tersebut juga melampaui sasaran di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 130 Tahun 2022 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023 nan mencapai Rp1.818,2 triliun.

Berikut daftar wajib pajak grup dengan setoran terbesar pada 2023:

- Grup Adaro, Garibaldi Thohir
- Grup Indofood, Anthoni Salim
- Grup Triputra, Rachmat Imanto
- Grup Harum Energy, Lawrebce Barki
- Grup CT Corp, Chairul Tanjung
- Grup Agung Sedayu, Susanto Kusumo
- Grup Sinarmas, Indra Widjaja
- PT Pertamina (persero)
- PT PLN (persero)
- PT Pupuk Indonesia (persero)
- PT Bank Mandiri (persero) Tbk
- Grup Djarum, Robert Budi Hartono
- Grup Bayan Resource, Low Tuck Kwong
- Grup Wings, Esdy William Katuari
- Grup Musim Mas, Bachtiar Karim
- Grup Gudang Garam, Susilo Wonowidjono
- Grup Trakindo, Rachmat Mulyana Hamami
- Grup Indika Energi, Hapsoro
- Grup Medcoenergi, Arifin Panigoro
- PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk

[Gambas:Video CNN]

(agt/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com