Cukur Sparta Praha, Manchester City Ciptakan Sejarah Unik di Liga Champions

Sedang Trending 2 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City mencatatkan sejarah Liga Champions setelah meraih kemenangan besar atas Sparta Praha, Rabu(24/10/2024) awal hari WIB. Mereka jadi tim dengan rapor tidak terkalahkan terpanjang sepanjang sejarah kompetisi.

The Citizens menunjukkan performa gemilang di Stadion Etihad pada tengah pekan, meraih kemenangan telak 5-0 atas juara Republik Ceko, sekaligus menjadi kemenangan terbesar dalam Matchday 3 kompetisi klub elite Eropa.

Kesuksesan Aston Villa menghajar Bologna, ditambah dengan keberhasilan Liverpool membekuk RB Leipzig, memastikan kedua tim Inggris tersebut mempertahankan rekor sempurna mereka di kejuaraan musim ini.

Akan tetapi, kemenangan besar Man City atas Sparta mengangkat tim didikan Pep Guardiola naik ke posisi ketiga di Fase Liga, berkah kelebihan selisih gol dibandingkan dengan enam tim lain nan juga mempunyai tujuh poin sejauh ini.

Rekor Tak Terkalahkan Man City di Liga Champions

Kemenangan atas Sparta Praga membikin Man City mencatat rekor 26 pertandingan tanpa kekalahan di Liga Champions, menjadikannya rekor terpanjang dalam sejarah turnamen. Meski tersingkir di perempat final musim lampau melalui adu penalti melawan Real Madrid, secara teknis mereka tetap tidak kalah dalam pertandingan tersebut.

Rekor sebelumnya dipegang oleh rival sekota Manchester United, nan tidak terkalahkan dalam 25 pertandingan di kejuaraan Eropa antara tahun 2007 dan 2009. Man City, juara 2022/2023, belum mengalami kekalahan di kejuaraan ini sejak Mei 2022. Ketika itu mereka takluk 1-3 dari Real Madrid pada leg kedua semifinal di Santiago Bernabeu.

Dominasi Manchester City

Phil Foden memberi awal ideal bagi tim dalam laga melawan Sparta Praha dengan mencetak gol pembuka hanya tiga menit setelah pertandingan dimulai.

John Stones dan Matheus Nunes juga sukses mencetak gol dalam kemenangan tersebut, sementara Erling Haaland menambah dua gol untuk memastikan kemenangan tim.

Khusus Haaland, kinerjanya layak dapat apresiasi tersendiri. Sejak musim 2019/2020, penyerang asal Norwegia tersebut telah mencetak 44 gol di Liga Champions, melampaui Robert Lewandowski (43), Alessandro Del Piero (42), dan Neymar (43), serta menyamai Didier Drogba. 

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga