Cadangan Devisa RI Melesat Jadi US$150,2 M per Agustus 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 10:35 WIB

Bank Indonesia mencatat posisi persediaan devisa Indonesia mencapai US$150,2 miliar pada akhir Agustus 2024, melesat dibanding Juli nan US$145,4 miliar. Bank Indonesia mencatat posisi persediaan devisa Indonesia mencapai US$150,2 miliar pada akhir Agustus 2024, melesat dibanding Juli nan US$145,4 miliar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia mencapai US$150,2 miliar pada akhir Agustus 2024.

Cadangan ini melesat dibandingkan akhir Juli 2024 nan sebesar US$145,4 miliar. BI dalam pernyataan nan dikeluarkan di Jakarta, Jumat (6/9) ini menyatakan lonjakan posisi persediaan devisa tersebut ditopang oleh penerimaan pajak dan jasa, penerimaan devisa migas, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Bank Indonesia menilai persediaan devisa tersebut bisa mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Posisi persediaan devisa pada akhir Agustus 2024 setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor alias 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," kata mereka.

Bank Indonesia menyatakan persediaan devisa itu memadai sehingga dapat terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

"Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dalam memperkuat ketahanan eksternal sehingga dapat menjaga stabilitas perekonomian dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nan berkelanjutan," kata mereka.

[Gambas:Video CNN]

(agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com