BUMN Turut Berkontribusi Dorong Prestasi Olahraga di Kancah Dunia

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak hanya berkontribusi pada perekonomian bangsa, tapi juga berkedudukan krusial dalam memajukan olahraga Indonesia. Dukungan mereka membawa angin segar bagi sejumlah bagian olahraga (cabor), mengantarkan para atlet menuju prestasi gemilang di kancah internasional.

Di bawah pengarahan Menteri BUMN, Erick Thohir, BUMN telah menjadi pilar utama dalam memajukan beragam bagian olahraga, memberikan dorongan bagi atlet untuk meraih prestasi nan membanggakan.

Pengamat bulu tangkis Indonesia, Daryadi, menyampaikan support dari BUMN sebagai bapak asuh olahraga nasional sangat penting. Di era industri olahraga, sponsor menjadi salah satu aspek penentu dalam prestasi sebuah tim bagian olahraga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penting banget, lantaran olahraga sudah jadi industri. Dengan begini, kudu ada investasi nan ujungnya alias tuntutannya prestasi. Jadi, jangan berambisi ada prestasi jika tak ada investasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/5).

Dengan support dari BUMN, sepak bola sebagai cabor paling digemari di tanah air sangat terlihat kemajuannya dengan support dari BRI. Tim Nasional (Timnas) senior selangkah lagi lolos fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia.

Sementara itu, di golongan umur U-23, setelah tahun lampau sukses meraih emas SEA Games 2023 di Myanmar, sekarang menatap Olimpiade 2024 Paris. Sebagai tim debutan di Piala Asia U-23 AFC 2024, tim didikan Shin Tae-yong bisa finish di posisi empat.

Di cabor bulu tangkis, para pemain terbaik Indonesia mulai menunjukkan prestasi menjanjikan. Dengan tulisan BNI di dada, Jonatan Christie dkk terus mencetak prestasi gemilang di turnamen internasional.

Terkini, Tim Thomas dan Tim Uber Indonesia bisa melaju ke babak final Piala Thomas dan Uber 2024. Gregoria Mariska Tunjung dkk lolos ke final usai mengalahkan Korea Selatan 3-2, sedangkan Tim Thomas melibas China Taipei dengan skor meyakinkan 3-0.

Atmosfer kejuaraan basket di Indonesia nan mendapat support dari Bank Mandiri semakin meriah setelah sukses menjadi tuan rumah kejuaraan dunia. Pelita Jaya Jakarta bisa lolos ke Basketball Champions League Asia, nan baru pertama kali digelar oleh FIBA ini.

Tidak itu saja, FIBA selaku federasi basket internasional juga bakal membuka instansi nya di Jakarta Indonesia. Menyusul apa nan sudah dilakukan oleh FIFA selaku induk organisasi sepak bola dunia

Cabang bola voli tak mau kalah, saat ini Liga Voli tertinggi di tanah air Proliga 2024 sedang digelar. Sejumlah pemain top bumi terlibat dalam arena nan disponsori oleh PLN ini.

Sebelum Proliga 2024 digelar, klub Voli ternama dari Korea Selatan JungKwanJang Red Sparks nan diperkuat bintang Voli Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi sukses menghibur fans voli nan memadati Indonesia Arena GBK Senayan.

Cabor lainnya, ialah Angkat Besi nan mendapat support dari Pupuk Indonesia, juga sukses meloloskan atletnya ke Olimpiade 2024 Paris. Olahraga ini terbukti sukses melakukan regenerasi dengan menggelar kejurnas angkat besi.

"BUMN alias swasta kudu berperan, artinya ada kombinasi tangan pihak ketiga untuk mengangkat prestasi olahraga nasional, bukan hanya bulu tangkis alias sepak bola, tapi semua bagian olahraga," kata Daryadi.

Senada, mantan pembimbing Timnas Indonesia, Nilmaizar, merasa kehadiran BUMN di segala sektor olahraga sangat penting. Hal ini dia rasakan betul saat menangani Semen Padang.

"Sangat perlu. Jadi, bicara seberapa jauh dibutuhkan, sangat diperlukan. Luar biasa jika BUMN mendukung sepak bola Indonesia, bulu tangkis, dan olahraga nasional lainnya. Sebab, ini kan sudah masuk era industri," ucap dia.

Dukungan BUMN tak hanya dalam corak finansial, tetapi juga beragam prasarana dan program pembinaan. Kolaborasi ini menjadi bukti nyata komitmen BUMN untuk memajukan olahraga Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

(rir)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com