BRI Liga 1 Tuntas, Borneo FC Langsung Gelar Seleksi Terbuka U-16

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Borneo FC menggelar seleksi terbuka Elite Pro Academy (EPA) U-16 begitu BRI Liga 1 2023/2024 rampung. Bersinergi dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), Borneo FC menjaring bibit muda berbakat di Kota Bontang. Seleksi berjalan di Stadion Mulawarman Bontang selama dua hari, pada 1-2 Juni 2024.

Menurut Direktur Borneo FC Academy Jacksen F Tiago, seleksi terbuka ini diikuti 144 peserta dari pesepak bola muda berbakat kelahiran tahun 2008-2009. Sejak pendaftaran dibuka antusiasme pun sangat tinggi, apalagi tidak hanya dari Bontang, tapi juga wilayah lain di Kalimantan Timur untuk mendapatkan tempat di skuad Borneo FC U-16.

Melalui seleksi terbuka ini, Borneo FC berambisi dapat menemukan talenta muda dengan keahlian terbaik untuk kembali diasah menjadi pesepak bola ahli masa depan.

“Kami percaya tetap banyak pesepak bola muda berbakat dari Bontang dan Kalimantan Timur nan tersebar di luar sana. Maka dengan seleksi ini, kita bisa mengetahui bibit unggul terbaik untuk dibina secara ahli melalui sinergi antara Borneo FC dengan Pupuk Kaltim," ucap Jacksen.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, mengungkapkan perihal ini bentuk kontribusi Pupuk Kaltim terhadap industri sepak bola sekaligus memfasilitasi bibit atlet berbakat Kota Bontang agar mempunyai kesempatan untuk berkecimpung di kancah sepakbola nasional.

Selain juga kesinambungan support terhadap Borneo FC sebagai tim kebanggaan Kalimantan Timur, dimana Pupuk Kaltim selama dua musim juga telah menjadi sponsor utama tim Pesut Etam berkompetensi di level sepak bola tertinggi Indonesia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Jaring Talenta Berbakat di Bontang

Melalui seleksi U-16 Borneo FC Academy, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk menggiatkan kembali pembinaan sepak bola usia muda di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, agar makin banyak talenta muda berbakat nan terfasilitasi untuk berkecimpung secara profesional.

"Seleksi ini menjadi kesempatan bagi generasi sepak bola berbakat di Kota Bontang, dengan memberikan kesempatan berproses melalui kesinambungan pembinaan dan kedepannya bisa menjadi pemain profesional," ujar Qomaruzzaman.

Menurut dia, upaya untuk menggenjot pembinaan sepak bola usia muda sudah menjadi sasaran utama Pupuk Kaltim sejak mulai bersinergi dengan Borneo FC. Ditambah latar belakang skema pembinaan nan selama ini dijalankan, terbukti sukses melahirkan banyak pemain andal pasca diasah di akademi.

Kesempatan Pemain Muda Berbakat di Bontang

Diharap bakal semakin tumbuh talenta baru sepak bola melalui wadah pembinaan terbaik Borneo FC, agar nantinya generasi pesepak bola andal ahli bisa lahir dari Bontang dan Kalimantan Timur secara umum.

"Kami percaya dengan kerja sama nan baik antara seluruh elemen, kita dapat melahirkan pemain berbakat nan bakal mengharumkan nama Bontang maupun Kalimantan Timur di kancah nasional hingga internasional di bagian sepak bola profesional," lanjut Qomaruzzaman.

Wali Kota Bontang Basri Rase turut datang membuka seleksi U-16 ini. Basri mengapresiasi dan berterima kasih atas support Pupuk Kaltim berbareng Borneo FC, nan telah memberikan kesempatan untuk menjaring potensi pemain lokal Bontang menjadi atlet sepak bola profesional.

Dikatakan Basri, arena seperti ini sangat ditunggu oleh masyarakat, mengingat sangat banyak bibit muda berbakat Kota Taman nan berprestasi di bagian sepak bola, sehingga kesempatan ini menjadi kesempatan generasi muda untuk menjadi atlet profesional.

"Seleksi U-16 ini bukti nyata kita semua mempunyai visi nan sama untuk memajukan sepak bola di Kota Bontang, dengan memberikan kesempatan bagi anak-anak kita untuk mengembangkan potensi nan mereka miliki," ujar Basri.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga