Bocoran Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade 2024, Atlet Wanita dan Debutan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Kontingen Indonesia sudah siap tempur di Olimpiade 2024 nan bakal berjalan 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Indonesia total bakal berkekuatan 29 atlet dan bakal turun di 12 bagian olahraga di Paris nanti.

Siapa pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan tetap dirahasiakan. Namun sedikit bocoran diungkap oleh Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie, saat berjamu ke redaksi Emtek Group di SCTV Tower pada Rabu (17/67/2024) sore WIB.

Anindya memberikan kisi-kisi jika atlet nan yang membawa Bendera Merah-Putih saat defile Olimpiade 2024 merupakan seorang wanita dan sebelumnya belum pernah tampil di event empat tahunan tersebut. Alasan atlet wanita dipilih lantaran Olimpiade 2024 untuk pertama kalinya jumlah atlet nan bertanding berimbang antara laki-laki dan wanita.

"Dari Indonesia sudah ada namanya tapi mungkin lebih baik tunggu tanggal mainnya. Kita mau kejutan sesuatu nan berbeda dalam makna kata atlet nan salah satu nan pertama kali dibidangnya," ujar Anindya Bakrie.

"Mungkin juga lantaran ini event nan bukan hanya Olimpiade besar tapi ada kesetaraan gender. Jadi dari 10.714 atlet itu kurang lebih dibagi dua, laki dan perempuan. Biasakan banyakan lakinya. Karena itu pula kami mungkin bakal pilih nan perempuan," sambung laki-laki nan juga merupakan ketua umum Akuatik Indonesia itu.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

4 Kandidat Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2024

Dari daftar 29 atlet Indonesia nan ikut Olimpiade 2024, terdapat 13 atlet wanita. Bila merujuk pada kisi-kisi dari Anindya Bakrie, kemungkinan atlet nan bakal membawa lencana adalah Maryam March Maharani dari cabor Judo, Rifda Irfanaluthfi (senam artistik), Raji'ah Sallsabilah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing).

Cabor judo, panjat tebing dan senam kebetulan baru kali ini bisa menembus pentas Olimpiade. Untuk panjat tebing memang baru pada jenis Olimpiade 2024 cabor ini dipertandingkan.

Sejarah Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade

Dalam sejarah pembawa bendera Merah Putih pada defile pembukaan Olimpiade, baru satu kali atlet wanita dipercaya ialah Maria Natalia Londa dari cabor atletik pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Adapun pada Olimpiade terakhir di Tokyo nan berjalan tahun 2021, bendera Merah-Putih dibawa oleh peselancar Rio Waida nan mempunyai keturunan Jepang.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga