Bidik Medali Angkat Besi Olimpiade Paris 2024, Rizki Juniansyah Dapat Suntikan Berharga Jelang Laga

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Atlet Rizki Juniansyah mendapat suntikan berbobot jelang tanding di cabor angkat besi nomor 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 pada Jumat (9/8/2024) pukul 00.30 WIB.

Pemuda berumur 21 tahun itu dikunjungi secara unik oleh ibunya, Yeni Rohaeni Durachim. Rencananya, sang ibu berbareng kakaknya Riska Anjani Yasin bakal turut menemani langsung perjuangan Rizki kala mentas dalam arena olahraga multievent terakbar empat tahunan.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Rosan Perkasa Roeslani menjelaskan pihaknya memang sudah berkoordinasi dengan NOC Indonesia serta CdM Olimpiade Anindya Bakrie demi menghadirkan sosok krusial bagi Rizki Juniansyah.

Pasalnya kehadiran orang tua dinilai bakal menambah kekuatan atlet muda kelahiran 2003 nan tengah membidik prestasi menyabet lencana Olimpiade Paris 2024.

"Kami berkoordinasi dengan NOC Indonesia dan juga CdM Anindya Bakrie untuk bisa menghadirkan orang tua Rizki. Ini langsung di respon CdM Anin dengan baik. Karena kehadiran orang tuanya menambah kekuatan Rizki," ujar Rosan, dilansir dari rilis resmi NOC Indonesia.

Ibunda Rizki sendiri terlihat senang ketika mengunjungi putranya nan menginap di Athlete Village. Tak lupa, Yeni nan datang mengenakan jaket merah dan kerudung cokelat turut membawa serta bekal berisi makanan favorit Rizki.

"Ini makanan buat Rizki biar sehat. Dia suka rendang, suwir ayam dan sambal goreng kentang," jelas Yeni.

"Tentu saya juga deg-degan (jelang pertandingan Rizki di Olimpiade). Saya pesan sama Rizki, nomor satu agar diberi kesehatan, kekuatan, dan kelancaran segalanya," tambah ibu sang atlet.

Atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah sukses menyabet 3 lencana dalam kejuaraan bumi International Weightlifting Federation Championship (IWF), di Kota Bogota Kolombia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Rizki Juninasyah Punya Ritual Khusus

Sekadar informasi, Rizki Juninasyah memang cukup dekat dengan ibunya. Kedekatan itu bukan hanya terlihat jelang Olimpiade Paris 2024, melainkan sudah berjalan lama.

Rizki apalagi punya 'ritual' unik nan melibatkan ibunya jelang menghadapi turnamen krusial di bagian olahraga angkat besi. Sang atlet mengaku dirinya biasa mencuci kaki ibunya dan meminum air tersebut.

Hal tersebut juga dia lakukan saat mengikuti kejuaraan IWF World Cup 2024 di Thailand. Rizki kala itu mencuci kaki ibunya lampau meminum airnya, dan mengaku selalu merasakan kekuatan tersendiri ketika melakukan ritual ini.

"Saya sebelum ikut kejuaraan itu biasanya mencuci tangan dan kaki ibu dengan air lampau airnya saya minum," ujar Rizki beberapa waktu lalu, dikutip dari rilis resmi NOC Indonesia.

Punya Catatan Apik Jelang Olimpiade

Adapun Rizki Juniansyah sendiri punya catatan apik sebagai modal jelang tampil di Olimpiade Paris 2024. Atlet berumur 21 tahun itu sebelumnya menjadi kejutan di kelas 73 kg lantaran sukses mengalahkan rekan senegara Rahmat Erwin Abdullah untuk maju ke turnamen multievent terakbar dunia.

Rizki tampil bercahaya dalam Kejuaraan Dunia 2024. Dia juga sukses menjadi pemegang rekor bumi setelah mencatatkan total angkatan 365 kg.

Terlepas dari raihan itu, Rizki nampak tak mau angkuh menatap Olimpiade Paris 2024. Dia sejak awal telah memetakan persaingan dan menyebut sejumlah negara berpotensi menjadi musuh beratnya.

"Saya was-was pemain China, dia bisa lebih kuat dari saya. Saya kudu punya modal nan lebih, saya kudu punya deposit lebih dari itu jika mau musuh dia," ujar Rizki Juniansyah kala ditemui awak media selepas pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (10/7/2024) silam.

"Terberat dari China tentunya, Jepang Korea, Kolombia, Venezuela, Kolombia, dan Bulgaria. Saya juga tidak tahu dengan langkah apa mereka kelak di Olimpiade. Kita sportif saja menjalani pertandingan," kata dia menambahkan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga