Bayern Munchen Coba Peruntungan dengan Vincent Kompany

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Jerman, Bayern Munchen baru saja memilih Vincent Kompany sebagai pembimbing baru mereka. Pengumuman ini datang setelah negosiasi intens dengan Burnley, klub nan sebelumnya dibesut oleh Kompany.

Menurut laporan media Jerman, Bayern telah menyepakati kesepakatan senilai 10 juta Poundsterling dengan Burnley untuk menebus Kompany. Dia bakal menggantikan Thomas Tuchel nan memilih mundur akibat kegagalan di musim 2023/2024.

Proses rekrutmen Bayern kali ini penuh dengan tantangan. Pada bulan Februari, klub telah mengumumkan bahwa Tuchel bakal meninggalkan posisinya di akhir musim. Penunjukan Kompany menjadi kejutan besar, mengingat riwayat singkatnya di bumi manajemen tingkat atas dan musim susah berbareng Burnley, nan hanya meraih 24 poin dari 38 pertandingan. Kompany tidak bisa mencegah Burnley terdegradasi dari Liga Premier musim ini.

“Saya sangat menantikan tantangan di FC Bayern,” ujar Kompany dalam pernyataannya. “Merupakan suatu kehormatan besar untuk bekerja di klub sebesar ini – Bayern Munchen adalah sebuah lembaga dalam sepak bola internasional,”

Max Eberl, kepala olahraga Bayern, menambahkan, "Kami sangat senang dapat mendatangkan Vincent Kompany ke FC Bayern. Dia menunjukkan kepada kami sungguh menariknya pekerjaan di sini dan menunjukkan kemauan kuat untuk berhasil,"

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Penunjukan Manajer Baru di tengah Kisruh Rekrutmen

Bayern Munchen membikin langkah mengejutkan dengan menunjuk Vincent Kompany sebagai pelatih baru mereka. Keputusan ini datang setelah beragam nama besar nan dikaitkan dengan posisi tersebut akhirnya tidak jadi bergabung.

Sebelumnya, Bayern dikabarkan mendekati bos Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, dan mantan manajer Julian Nagelsmann. Namun, kedua pembimbing ini memilih untuk tetap memperkuat di posisi mereka masing-masing. Upaya Bayern untuk merekrut Ralf Rangnick juga tidak berhasil, setelah eks pembimbing Manchester United itu memutuskan untuk melanjutkan perannya sebagai pembimbing kepala tim nasional Austria.

Situasi semakin memanas ketika laporan menyebut bahwa kepala olahraga Bayern, Max Eberl, dan Christoph Freund sedang bermusyawarah dengan Thomas Tuchel untuk membatalkan keputusan sebelumnya nan menyatakan bahwa Tuchel bakal meninggalkan klub di akhir musim. Namun, Tuchel menegaskan sebelum pertandingan terakhir musim ini bahwa dia tetap bakal meninggalkan Bayern.

Penunjukan Kompany datang di tengah musim nan penuh gejolak bagi Bayern. Dominasi mereka selama 11 musim sebagai juara Bundesliga berhujung di tangan Bayer Leverkusen. Selain itu, Bayern juga tersingkir dari DFB Pokal di babak kedua oleh Saarbrücken dan kalah di semifinal Liga Champions dari Real Madrid.

Era Baru Bayern Dimulai

Meski pengalaman manajerial Kompany tetap terbatas, Bayern optimis bahwa mantan kapten Manchester City ini dapat menghidupkan kembali semangat juara di Allianz Arena, sebagaimana dia sukses membawa Burnley meraih gelar Championship.

Sebagai pemain, rekam jejak Kompany tidak perlu diragukan lagi. Ia telah meraih empat gelar Liga Premier berbareng Manchester City dan mempunyai pengalaman bermain di Bundesliga selama dua musim berbareng Hamburg. 

Burnley, dalam pernyataan resmi mereka, menyatakan, “Kami memahami daya tarik dan prestise klub seperti Bayern Munich dan menghormati ambisi Vincent. Kami hanya mendoakan nan terbaik untuk Vincent dan mengapresiasi dedikasinya selama di klub ini,”

Dengan penunjukan ini, Bayern Munchen berambisi dapat memasuki era baru kesuksesan. Klub ini mengharapkan Kompany bisa mengembalikan kejayaan mereka di kancah domestik dan Eropa, membawa kembali masa-masa keemasan nan selama ini menjadi identitas Bayern.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga