Bawa Timnas Indonesia Tembus Piala Asia U-20, STY Blak-blakan soal Prospek Jens Raven Promosi ke Skuad Senior

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong buka bunyi mengenai prospek promosi striker U-20 Jens Raven ke skuad senior di bawah asuhannya. Meski sukses mengantar Garuda Muda mengunci tiket Piala Asia U-20 2025, Raven dinilai tetap terlalu 'mentah' untuk dibawa berasosiasi dengan timnas senior Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pasukan muda Merah Putih memang baru saja memastikan diri lolos ke turnamen level U-20 Asia di China dengan status juara grup.

Anak-anak asuh Indra Sjafri mengemas dua kemenangan dan satu hasil imbang, serta unggul selisih gol dibanding rival terdekatnya Yaman, dalam rangkaian Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 nan digelar di Stadion Madya GBK pada 25 hingga 29 September lalu.

Jens Raven jadi salah satu nama krusial di kembali kesuksesan Timnas Indonesia U-20 melaju ke putaran final AFC U-20 Asian Cup tahun depan. Hal itu lantaran dia selalu konsisten mencetak gol dalam 3 laga kontra Maladewa, Timor Leste, serta Yaman.

Terlepas dari capaian tersebut, pembimbing Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai belum saatnya pemain FC Dordrecht U-21 itu promosi ke skuad senior. Pasalnya, dia dicap tetap kurang power jika mau bermain di tim racikan ahli strategi Korea Selatan.

"Segitu saja sangat kurang, tetap dibutuhkan power lebih (oleh Jens Raven), dan daya berjuang jika segitu belum bakal pas untuk di timnas senior," ujar STY saat ditemui awak media selepas laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya GBK, Minggu (29/9/2024) malam WIB.

Berita Video, momen Jens Raven sapa penonton setelah laga Indonesia Vs Maladewa pada Rabu (25/9/2024)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pendapat Indra Sjafri

Selaras dengan pernyataan Shin Tae-yong, Indra Sjafri juga menilai belum saatnya bagi Jens Raven promosi ke skuad senior. Menurut ahli strategi Timnas Indonesia U-20, ada baiknya, sang penggawa dibiarkan matang terlebih dulu di golongan umur.

"Biarkan buah itu matang di pohonnya dulu. Saya pikir, saya dan Coach Shin bakal selalu obrolan tentang gimana Timnas Indonesia U-20 dan pemain-pemainnya apakah ada nan bisa direkrut ke U-23 alias senior," ucap Indra Sjafri selepas laga kontra Yaman.

"Untuk saya, itu tergantung kualitas para pemain. Kalau dia berbobot ya kita senang-senang saja dia bisa main di senior. Tapi jika menurut saya, mungkin Jens tetap kudu sabar dulu untuk bisa menembus ke tim senior," tambahnya pada MInggu (29/9/2024) malam WIB.

Agenda Timnas Indonesia

Sekadar informasi, skuad senior Timnas Indonesia sendiri sejenak lagi bakal menghadapi agenda krusial di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia.

Skuad racikan Shin Tae-yong dijadwalkan melakoni dua partai tandang melawan Bahrain dan China, masing-masing pada 10 Oktober serta 15 Oktober mendatang.

Setelahnya, Timnas Indonesia bakal gantian menjamu Jepang dan Arab Saudi di Tanah Air. Duo pertandingan tersebut dihelat pada pertengahan November 2024.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga