Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman, Bisa Perpendek Umur Baterai

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple, perusahaan pembesut iPhone, mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman othername Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, Senin (29/4/2024), dalam panduan resmi yang dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas othername overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh karena itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.

Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

Apple dipastikan akan menggelar arena pada 12 September 2023 waktu Amerika Serikat. Dalam arena tersebut, perusahaan itu disebut-sebut akan memperkenalkan iPhone 15 generasi terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ngecas Semalaman Bikin Performa Baterai Turun

Menurut Apple, mengisi daya iPhone semalaman juga dapat mempengaruhi performa baterai.

Baterai yang terlalu sering diisi daya secara berlebihan dapat mengalami degradasi yang lebih cepat.

Ini berarti bahwa baterai akan kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu, dan pengguna akan mengalami penurunan daya tahan baterai yang signifikan.

Untuk menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat, Apple merekomendasikan beberapa langkah yang dapat diambil oleh pengguna iPhone.

Tips isi daya iPhone dari Apple:

  1. Mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan dan tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.
  2. Menggunakan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh Apple.
  3. Menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.
  4. Menjaga suhu perangkat agar tetap stabil, terutama saat penggunaan intensif atau saat mengisi daya.

Tips Lain Saat Isi Daya iPhone

Dalam panduan tersebut, Apple juga memberikan beberapa tips tambahan untuk pengguna iPhone.

Misalnya, menghindari penggunaan iPhone saat sedang diisi daya, melepas casing pelindung saat mengisi daya, dan memastikan ruangan tempat pengisian daya memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah terjadinya penumpukan panas.

Dengan mengikuti panduan dan anjuran yang diberikan oleh Apple, pengguna iPhone dapat menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat mereka.

Pasalnya, mengisi daya iPhone dengan benar dan menggunakan charger resmi yang disetujui akan membantu mencegah kerusakan pada baterai dan memastikan perangkat tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi