Angka Kemiskinan di Argentina Meroket 52 Persen

Sedang Trending 2 jam yang lalu

CNN Indonesia

Minggu, 29 Sep 2024 09:10 WIB

Kemiskinan di Argentina meroket 52 persen sepanjang paruh pertama 2024 imbas Presiden Javier Milei berhemat shopping duit negara. Kemiskinan di Argentina meroket 52 persen sepanjang paruh pertama 2024 imbas Presiden Javier Milei berhemat APBN. (Foto: AFP/JUSTIN TALLIS)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tingkat kemiskinan di Argentina meroket 52 persen sepanjang paruh pertama 2024 imbas presiden baru irit shopping duit negara.

Presiden Argentina Javier Milei nan baru dilantik pada akhir 2023 lampau melakukan sejumlah manuver untuk mengentaskan masalah finansial di negara tersebut. Salah satu nan ditempuh Milei adalah memangkas anggaran pemerintah di sejumlah pos belanja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Universidad Católica Argentina (UCA) memperkirakan kemiskinan di Negeri Tango melonjak hingga 55,5 persen pada kuartal I 2024, seiring kebijakan ketat Milei. Kemudian, level kemiskinan itu turun ke 49,4 persen pada kuartal II tahun ini.

"Sehingga rata-rata 52 persen (lonjakan tingkat kemiskinan di Argentina) untuk enam bulan pertama tahun ini," tulis laporan UCA, dikutip dari CNN, Jumat (27/9).

Seorang pekerja berjulukan Irma Casal turut mengkritik kepemimpinan Milei. Ia mengaku tetap kudu berjuang keras untuk memperkuat hidup di Argentina.

Ia merasa lapangan pekerjaan dan penghasilan nan didapatkan di Argentina berkurang saat Milei berkuasa. Padahal, Casal nan berumur 53 tahun dan tinggal di Buenos Aires itu sudah mengambil tiga pekerjaan, ialah di tempat daur ulang sampah, mengumpulkan kardus, hingga menjadi tukang batu bata.

"Tingkat kemiskinan pada level berapapun itu mengerikan," kata Juru Bicara Kepresidenan Manuel Adorni beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, Adorni menyalahkan rezim lama. Ia menegaskan pemerintahan sebelum Milei meninggalkan 'bom' ekonomi. Jubir Milei itu menegaskan sang presiden baru sekarang tengah mencoba menjinakkan 'bom' tersebut.

"Kami melakukan segalanya, segalanya, agar situasi ini (krisis ekonomi) berubah," tegasnya.

Sejatinya, pemotongan anggaran shopping di rezim Milei disambut baik oleh pasar dan investor. Langkah ini diyakini bisa membantu memperbaiki finansial Argentina usai bertahun-tahun mengalami defisit.

Upaya Milei nyatanya tetap membawa Argentina masuk ke lembah resesi. Meski, beberapa pihak tetap memandang tanda-tanda ekonomi negara Amerika Selatan itu bakal membaik.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com