Alasan Pratama Arhan Dimainkan di Babak Kedua Timnas Indonesia vs Australia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan argumen kenapa menurunkan Pratama Arhan pada babak kedua laga melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024). 

Dia mau anak asuhnya itu membantu pertahanan tim pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia. Dengan kontribusi Arhan, Timnas Indonesia sukses mengimbangi Australia 0-0.

Memiliki posisi original bek kiri, Pratama Arhan diturunkan sebagai winger kiri saat berjumpa Australia. Dia menggantikan Marselino Ferdinan untuk melapis Calvin Verdonk.

“Sebagai pelatih, saya kudu bisa mengambil keputusan dengan sigap seperti gimana mengantisipasi situasi seperti ini. Saya pikir Pratama Arhan selain bertahan, bisa membantu untuk menyerang balik," ungkap Shin Tae-yong.

“Selain itu, kami juga dapat memanfaatkan lemparan jauh dari Arhan.”

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Strategi Shin Tae-yong di Laga Timnas Indonesia vs Australia

Selain Itu STY mengungkapkan strategi nan dia gunakan dalam konferesi pers pasca pertandingan Indonesia vs Australlia. Menyadari superioritas musuh dalam perihal komposisi skuad, dia konsentrasi agar Jay Idzes dan kawan-kawan konsentrasi pada pertahanan.

“Jadi memperkuat dulu lampau serang balik. Saya pikir menyerang balik, setiap saat saya kudu berpikir dengan sigap dan kudu bikin juga taktiknya tergantung situasinya,” ungkap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong Juga Puji Maarten Paes

Timnas Indonesia sukses menahan seri Australia dalam laga kedua Grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam WIB, skuad Garuda memaksa Socceroos bermain tanpa gol usai Maarten Paes melakukan sejumlah pengamanan apik sepanjang laga. 

Statistik mencatat ada setidaknya 5 tembakan on target yang bisa dimentahkan kiper FC Dallas. Hasil ini membawa Timnas Indonesia mendapat tambahan 1 poin dan memperkuat di urutan 4 klasemen sementara grup C. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun buka bunyi menanggapi penampilan kiper nan baru debut di laga kontra Arab Saudi beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, Paes tampil bercahaya dengan skuad Garuda, baik di laga perdana melawan The Green Falcons maupun pertandingan kedua melawan Australia. 

"Dia bermain sangat baik. Saya percaya performanya itu bakal terus meningkat," ujar Shin Tae-yong.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga