6 Manajer Terbaik Arsenal Sepanjang Masa, Bawa Banyak Trofi ke London Utara

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sejak berdiri pada tahun 1886, Arsenal telah menjadi salah satu klub sepak bola terbesar di Liga Inggris. Selama lebih dari satu abad, klub ini telah melalui berbagai perubahan dan tantangan, tetapi selalu memiliki manajer yang berdedikasi untuk membawa kesuksesan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat enam manajer terbaik Arsenal sepanjang masa.

Mereka adalah sosok-sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam membawa klub meraih kesuksesan dan menjadi legenda di dunia sepak bola.

Mulai George Allison hingga Arsene Wenger, para manajer ini telah memberikan fondasi yang kuat bagi klub London Utara itu. Mereka tidak hanya meraih gelar, tetapi juga mengubah cara bermain Arsenal dan membentuk identitas klub yang kita kenal saat ini.

Simak daftar lengkap enam manajer terbaik Arsenal dan capaian mereka selama mengani The Gunners di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

George Allison dan Herbert Chapman

1. George Allison (1934-1947)

George Allison adalah manajer pertama Arsenal yang membawa klub ini meraih gelar juara liga. Ia memimpin Arsenal selama 13 tahun dan berhasil memenangkan lima gelar liga dan tiga Piala FA. Allison dikenal sebagai manajer yang berpengaruh dan inovatif, dengan strategi permainan yang canggih untuk zamannya.

2. Herbert Chapman (1925-1934)

Herbert Chapman adalah salah satu manajer paling berpengaruh dalam sejarah Arsenal. Ia berhasil memenangkan tiga gelar liga dan satu Piala FA. Chapman dikenal karena memperkenalkan sistem WM (3-2-2-3) yang revolusioner pada saat itu. Ia juga membangun Stadion Highbury yang ikonik dan membawa Arsenal menjadi salah satu kekuatan dominan di Inggris.

Arsene Wenger dan George Graham

3. Arsene Wenger (1996-2018)

Arsene Wenger adalah manajer terlama dalam sejarah Arsenal, memimpin klub selama 22 tahun. Ia berhasil memenangkan tiga gelar liga dan tujuh Piala FA. Wenger dikenal karena memperkenalkan gaya permainan menyerang yang atraktif dan mengembangkan pemain muda melalui akademi Arsenal. Ia juga memimpin Arsenal meraih gelar Liga Champions pada tahun 2006.

4. George Graham (1986-1995)

George Graham adalah manajer yang sukses membawa Arsenal meraih dua gelar liga dan dua Piala FA. Ia dikenal karena menciptakan tim yang coagulated secara defensif dan memiliki taktik yang sangat disiplin. Graham juga berhasil membawa Arsenal meraih gelar Piala Winners UEFA pada tahun 1994.

Tom Whittaker dan Bertie Mee

5. Tom Whittaker (1947-1956)

Tom Whittaker adalah mantan pemain Arsenal yang kemudian menjadi manajer klub. Ia berhasil memenangkan dua gelar liga dan satu Piala FA. Whittaker dikenal karena mempertahankan keberhasilan Arsenal setelah era George Allison. Ia juga terkenal karena keahliannya dalam mengembangkan pemain muda.

6. Bertie Mee (1966-1976)

Bertie Mee adalah manajer yang berhasil membawa Arsenal meraih treble pada tahun 1971. Ia memenangkan satu gelar liga, dua Piala FA, dan Piala Liga. Mee dikenal karena kepemimpinannya yang kuat dan kemampuannya dalam membangun tim yang solid. Ia juga berhasil membawa Arsenal meraih Piala UEFA pada tahun 1970.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga