6 Bintang Timnas Indonesia U-19 yang Berkilau di Liga 1: Punya Jam Terbang Tinggi dan Siap Menggebrak di Lapangan!

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2024 nan bakal digelar di Surabaya pada tanggal 17-29 Juli 2024. Dalam turnamen internasional antar negara ASEAN tersebut, Timnas Indonesia U-19 bakal bersaing di Grup A berbareng Timor Leste, Kamboja, dan Filipina.

Melihat lawan-lawannya, Timnas Indonesia U-19 nampaknya bakal dengan mudah memenangkan ketiga pertandingan tersebut. Namun, ada perubahan format pada turnamen kali ini. Terdapat tiga grup nan masing-masing terdiri dari empat tim, sehingga total ada 12 kontestan.

Dari tiga grup tersebut, hanya empat tim nan bakal lolos ke babak final. Slot ke babak semifinal hanya diberikan kepada tim nan menjadi juara grup, sementara satu slot lagi bakal diberikan kepada tim runner-up terbaik.

Hal ini bakal semakin meningkatkan persaingan lantaran setiap tim kudu berjuang keras untuk menjadi pemuncak grup dan memastikan lolos ke fase gugur. Secara teori, timnas Indonesia U-19 diunggulkan untuk menjadi juara Grup A. Hal ini disebabkan oleh kehadiran sejumlah pemain berilmu nan sebelumnya telah memihak Timnas Indonesia nan berperan-serta dalam Piala Dunia U-17 2023.

Selain itu, terdapat juga enam pemain nan mempunyai pengalaman dan jumlah menit bermain terbanyak di Liga 1. Kriteria minimal 10 penampilan di Liga 1 telah terpenuhi oleh keenam pemain tersebut.

Mereka mempunyai jam terbang tinggi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi timnas U-19 Indonesia.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Arkhan Kaka

Nama Arkhan Kaka telah menjadi sorotan publik setelah sukses membawa Timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022. Prestasinya sebagai striker utama dalam turnamen tersebut sangat mengesankan. Kemudian, Arkhan Kaka melanjutkan karirnya dengan memihak Timnas Indonesia U-17 di arena Piala Dunia U-17 2023, dan sukses mencetak dua gol.

Hal ini menciptakan sejarah baru bagi Timnas Indonesia dalam kejuaraan Piala Dunia. Tidak hanya di level internasional, Arkhan Kaka juga menunjukkan performa nan luar biasa di level klub. Dia berasosiasi dengan skuad Persis Solo sejak Liga 1 2023/2024. Meskipun belum sukses mencetak gol, Arkhan Kaka telah tampil dalam 18 pertandingan, menunjukkan dedikasinya nan tinggi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Arkhan Kaka merupakan pemain muda nan berbakat dan potensial. Dengan prestasi nan telah dicapainya di level internasional dan klub, tidak heran jika namanya semakin dikenal luas. Kita semua berambisi bahwa Arkhan Kaka bakal terus berkembang dan menginspirasi generasi muda Indonesia dalam bumi sepak bola.

Kadek Arel

Sosok bek nan satu ini betul-betul mencuri perhatian di Liga 1 2023/2024. Meski baru debut, Kadek Arel telah menjadi sorotan utama berbareng Bali United.

Ia sukses bersaing dengan pemain-pemain senior nan sudah lebih berpengalaman. Pada usia nan tetap 19 tahun, Kadek Arel telah tampil sebanyak 19 kali berbareng Serdadu Tridatu. Ia sering dipercaya untuk mengisi posisi jantung pertahanan sejak menit pertama pertandingan dan sukses membuktikan kualitasnya nan luar biasa.

Toni Firmansyah

Mirip dengan Kaka dan Arel, Toni Firmansyah juga baru saja memulai musim profesionalnya di Liga 1 2023/2024. Sebelumnya, dia adalah pemain Persebaya U-20, tetapi dia dipromosikan ke tim senior sejak musim lalu.

Dia sukses mencatatkan 20 penampilan dan satu gol untuk Persebaya. Performanya di level klub membuatnya dianggap sebagai wonderkid baru nan bakal mencuri perhatian. nan menarik, Toni adalah satu-satunya pemain Persebaya dan juga putra original Surabaya di Timnas Indonesia U-19. Hal ini membuatnya bakal bermain di hadapan masyarakatnya sendiri di Stadion Gelora Bung Tomo.

Mufli Hidayat

Sejak dimulainya musim 2022/2023, nama nan satu ini telah mulai bercahaya di panggung Liga 1. Berperan sebagai sayap kanan, Mufli Hidayat telah memberikan kontribusi nan luar biasa bagi PSM Makassar dalam meraih gelar juara Liga 1 2022/2023.

Meskipun baru dua musim berkarir berbareng Juku Eja, Mufli telah mencatatkan satu gol dalam 23 penampilannya di Liga 1. Keahliannya sebagai pemain sayap menjadikannya sebagai opsi nan sangat diandalkan oleh Timnas Indonesia U-19.

Muhammad Ragil

Seperti halnya dengan Mufli, Muhammad Ragil juga memulai karir profesionalnya pada tahun 2022/2023. Dalam dua musimnya berbareng Bhayangkara FC, dia telah mencatatkan dua gol dalam total 14 pertandingan nan telah dijalani.

Namun, nasib malang menimpa Bhayangkara FC dan mereka terdegradasi ke Liga 2 pada tahun 2024/2025. Meskipun demikian, pengalaman dan keahlian Ragil sebagai seorang penyerang bakal sangat dibutuhkan untuk mencetak gol dalam Piala AFF U-19 2024.

DonyTri Pamungkas

Bek kiri dari Persija Jakarta ini bakal dipilih sebagai kapten Timnas Indonesia U-19 dalam Piala AFF U-19 2024. Nama Dony Tri Pamungkas sudah tidak asing lagi di Timnas Indonesia U-19 maupun U-20. Selain itu, dia juga pernah memihak Timnas Indonesia U-23 nan sukses meraih ranking keempat di Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Pengalamannya di level internasional sudah terlihat jelas. Tidak hanya itu, Dony juga merupakan pemain nan sering mendapatkan kesempatan bermain di Persija Jakarta. Berbeda dengan pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya, Dony sudah tiga musim memihak Macan Kemayoran sejak tahun 2021, dan telah mencatatkan 45 pertandingan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga