3 Prestasi Apik Indra Sjafri di Timnas Indonesia, Selain Juara Piala AFF U-19 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih Indra Sjafri kembali memberikan gelar juara untuk timnas Indonesia. nan terbaru pada 29 Juli 2024, laki-laki asal Sumatera Barat itu membawa timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Pada laga final, timnas Indonesia U-19 menang tipis 1-0 atas Thailand. Gol tunggal kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh penyerang Jens Raven pada babak pertama. Raven menyontek sundulan bek tengah Kadek Arel.

Dengan demikian Indonesia sukses menjuarai Piala AFF U-19 untuk kedua kalinya. nan mencengangkan, kedua trofi Piala AFF U-19 milik timnas Indonesia semuanya diraih saat dipoles oleh seorang Indra Sjafri.

"Tentu trofi dan lencana ini untuk para pemain nan berusaha, bekerja keras, di mana tim ini dipersiapkan lebih kurang 7 bulan, mulai dari Januari. (Namun) seperti nan kami sampaikan di awal, targetnya bukan AFF, melainkan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tentu juara AFF ini menjadi modal baik kita untuk bisa lebih percaya diri lagi agar lolos ke Piala Asia," ucap Indra dalam konvensi pers selepas pertandingan.

Trofi Piala AFF U-19 2024 menambah panjang daftar prestasi Indra Sjafri berbareng timnas Indonesia, terutama di level golongan umur. Berikut 3 prestasi luar biasa eks pembimbing Bali United itu selain juara di Piala AFF U-19 2024:

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Juara Piala AFF U-19 2013

Indra Sjafri mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pembimbing pertama nan sukses membawa Timnas Indonesia U-19 meraih gelar juara di Piala AFF U-19. Prestasi gemilang ini tercipta pada tahun 2013 berbareng Evan Dimas Darmono.

Ketika tim asuhannya sukses mengalahkan Vietnam U-19 melalui drama adu penalti di partai final. Kemenangan ini tidak hanya mengharumkan nama Indra Sjafri, tetapi juga meningkatkan pamor Timnas Indonesia U-19 di mata pencinta sepakbola Tanah Air.

Sejak saat itu, perhatian publik terhadap tim golongan umur ini semakin besar, bersaing dengan ketenaran Timnas Indonesia senior.

Juara Piala AFF U-22 2019

Indra Sjafri dikenal sebagai sosok nan penuh dengan beragam pencapaian pertama. Ia juga mencatatkan namanya sebagai pembimbing pertama nan sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-22 meraih gelar juara di Piala AFF U-22 di tahun 2019.

Dalam pertandingan final nan menegangkan melawan Thailand U-22, Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. Gol-gol kemenangan skuad Garuda Muda saat itu dicetak oleh Osvaldo Haay.

Juara SEA Games 2023

Setelah penantian panjang selama 32 tahun, akhirnya Timnas Indonesia sukses meraih lencana emas di arena SEA Games. Timnas Indonesia U-22 nan dipimpin oleh Indra Sjafri sukses menjadi juara SEA Games 2023.

Pada partai final Indonesia mengalahkan Thailand U-22 dengan skor meyakinkan 5-2 di pertandingan final. Pertandingan berjalan keras dan panas. Indonesia akhirnya menang melalui perpanjangan waktu.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga