14 Rumah Menteri di IKN Siap Huni, 22 Kelar Oktober

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 16:06 WIB

Ketua Satgas Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan 14 unit rumah menteri d IKN siap dihuni, 22 lainnya selesai Oktober. Ketua Satgas Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan 14 unit rumah menteri d IKN siap dihuni, 22 lainnya selesai Oktober. (Dok. Kementerian PUPR via Detikcom).

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Satgas Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengatakan sebanyak 14 unit rumah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) siap dihuni.

Sementara 22 rumah menteri lagi baru bakal rampung Oktober mendatang.

"Itu kan jika sesuai perjanjian kelak sebetulnya sekitar Oktober-November selesai," katanya di instansi PUPR, Jumat (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Danis mengatakan menteri nan sudah mencoba menempati rumahnya di IKN adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ia belum mengetahui siapa lagi menteri nan bakal menempati rumahnya di IKN.

"Itu mungkin Setneg nan nentuin. Kita menyiapkan, kita kasih tahu ini ada (rumah silahkan), katanya.

Pembangunan rumah tapak menteri di IKN menelan anggaran sampai dengan Rp14 miliar per unit. Informasi itu terungkap saat Ketua Komisi V DPR Lasarus mempertanyakan besaran anggaran pembangunan rumah kedudukan menteri di IKN ke Kementerian PUPR.

Dalam pertanyaan itu, Lasarus menyebut anggaran nan disiapkan untuk pembangunan rumah dinas menteri di IKN mencapai Rp519,06 miliar.

Anggaran disiapkan untuk 36 unit rumah dinas. Artinya, jika dibagi, besaran anggaran per unit rumah Rp14 miliar.

Lasarus menilai anggaran Rp 519,06 miliar untuk membangun 36 unit rumah terlalu mahal jika hanya untuk pembangunan.

"Ada pembangunan untuk perumahan kementerian sebanyak Rp 500 miliar untuk 36 rumah. Tadi kita coba hitung jika Rp4 juta saja per meter persegi itu luas bangunannya kurang lebih 3.200-an," kata Lasarus dalam rapat dengar pendapat dengan Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com