Wacana Student Loan Menguat di Tengah Mahal Biaya UKT-Pinjol Mahasiswa

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

DPR RI meminta pemerintah menyusun konsep student loan di tengah mahal uang kuliah tunggal (UKT) hingga maraknya pinjaman online (pinjol).

Konsep pinjaman untuk mahasiswa ini kembali mencuat dalam rapat antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Anggota DPR RI bertanya kepada Nadiem gimana nasib student loan tersebut.

"Student loan itu sebenarnya usulan di sini (Komisi X DPR RI). Kita bilang jangan pinjol dong, tapi Himbara bikin sebuah konsep student loan. Nanti silakan pemerintah (menjelaskan)," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf dalam rapat kerja tersebut, Selasa (21/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di lain sisi, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira skeptis jika betul pinjaman mahasiswa itu diberlakukan. Ia cemas opsi nan awalnya diharapkan mempermudah malah membikin mahasiswa makin sengsara.

Andreas mencontohkan kasus viral pada awal 2024 lampau di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kampus di Tanah Priangan itu membikin geger lantaran bekerja sama dengan pinjol Danacita untuk membantu pembiayaan UKT mahasiswa.

"Mohon penjelasan berangkaian dengan perihal ini. Kami juga minta untuk sangat hati-hati berangkaian dengan student loan ini," wanti-wanti Andreas kepada Nadiem.

"Karena kita tahu dengan pinjaman-pinjaman komersial sekarang ada dan tawaran-tawaran seperti itu, untuk mahasiswa kita tidak terjebak di dalam pinjaman nan menjerat masa depan mereka," sambungnya.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan student loan tetap jauh dari kata sepakat. Ia menyebut opsi pinjaman mahasiswa baru sampai di tahap obrolan internal.

Mantan bos perusahaan teknologi di bagian transportasi berjulukan Gojek itu menegaskan butuh waktu lama untuk menggolkan usul tersebut. Nadiem menyebut pihaknya juga kudu obrolan panjang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani beserta jajaran.

"Untuk saat ini, (student loan) tetap dibahas secara internal. Belum ada perincian nan cukup rinci untuk bisa diumumkan. Saat ini tetap wacana mengenai student loan," tegas Nadiem.

"Dan itu tetap perlu pembahasan nan cukup panjang dengan Kementerian Keuangan, jadi belum ada keputusan alias perincian nan cukup bisa saya umumkan sekarang. Baru tahapan diskusi," imbuhnya.

Menkeu Sri Mulyani juga irit bicara ketika ditanya gimana progres pembahasan student loan tersebut.

Wanita nan berkawan disapa Ani itu apalagi mengaku sama sekali belum mengetahui corak proposal dari Kemendikbudristek.

"Belum mendapatkan info dan proposalnya, jadi saya belum bisa komentar balik," kata Ani di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/5), dikutip dari detikcom.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com