PLTA Bengkok, Bukti Nyata PLN Sudah Punya EBT Sejak 100 Tahun Lalu

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 21:52 WIB

PLN sudah lama menggunakan EBT. Penggunaan diketahui dari keberadaan dan pengoperasian PLTA Bengkok di Bandung, Jawa Barat. PLN sudah lama menggunakan EBT. Penggunaan diketahui dari keberadaan dan pengoperasian PLTA Bengkok di Bandung, Jawa Barat. (CNN Indonesia/ Andry Novelino).

Bandung, CNN Indonesia --

PT PLN (Persero) rupanya sudah lama mengoperasikan Pembangkit listrik Tenaga Air (PLTA) ialah Bengkok nan berlokasi di Bandung Jawa Barat. Ini membuktikan bahwa Indonesia sudah lama menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT).

PLTA Bengkok mulai eksis pada 1923 alias seabad lalu. Setelah lebih dari 100 tahun, PLTA itu tetap beraksi dengan baik di bawah operasional subholding PLN Indonesia Power (PLN IP) dan menjadi salah satu sumber listrik bersih bagi area Bandung dan sekitarnya.

Senior Manager PLN IP Unit Bisnis Pembangkitan Saguling Doni Bakar mengatakan meski sudah berumur lebih dari satu abad, PLTA Bengkok tetap beraksi dengan baik dan andal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini semua berkah langkah memeliharanya. Ada nan kita pelihara secara periodic maintenance istilahnya, berbasis waktu. Kemudian juga kita menggunakan pemeliharaan secara preventive maintenance. Itu bisa kita melakukan inspeksi rutin setiap hari," ujarnya saat ditemui di letak PLTA Bengkok, Bandung, Selasa (3/9).

Selain itu, inspeksi umum juga dilakukan untuk PLTA Bengkok setelah 24 ribu hingga 30 ribu jam operasi. Lalu, setiap 40 ribu hingga 45 ribu jam operasi alias setiap 6-7 tahun juga dilakukan pula overhaul untuk seluruh komponen.

Lanjutnya, PLTA Bengkok mempunyai empat unit pembangkit, ialah tiga unit dengan kapabilitas total 3 x 1.050 kilowatt (kW) dan satu unit lainnya adalah PLTA Dago nan mempunyai kapabilitas 700 KW. Sehingga, total pembangkit ini bisa menghasilkan listrik bersih sebesar 3,85 Megawatt (MW).

Sementara itu, untuk wilayah nan mendapat suplai listrik dari PLTA Bengkok meliputi Sukaresmi, Dago dan Bengkok sendiri. Selain itu, PLTA Bengkok sekarang juga menjadi penyuplai listrik pendukung untuk Kota Bandung.

"Kami berkomitmen untuk menjaga PLTA Bengkok terus eksis menjadi pembangkit daya hijau nan berkelanjutan. Ini menjadi bagian dari sejarah panjang pemanfaatan daya ramah lingkungan di Indonesia," pungkas Doni.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com