Maju di Pilgub Jateng, Luthfi Mundur dari Kemendag Meski Belum Sebulan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 21:02 WIB

Irjen Kemendag Komjen Pol Ahmad Luthfi mengundurkan diri dari jabatannya meski belum sebulan dilantik demi maju cagub Jateng 2024. Ahmad Luthfi mundur dari Irjen Kemendag mengenai maju di Pilgub Jateng. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkap Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendag Komjen Pol Ahmad Luthfi mengundurkan diri dari jabatannya.

Menurut Zulhas, pengunduran diri itu mengenai dengan langkah Luthfi nan maju menjadi Bakal Calon Gubernur (Bacagub) di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Padahal, Lutfhi nan merupakan mantan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) itu belum genap sebulan menduduki posisi Irjen Kemendag. Sebab, dia dilantik pada 14 Agustus silam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Irjen baru, Pak Luthfi sudah maju Gubernur di Jawa Tengah jadi sudah mengusulkan pengunduran diri. Nanti sudah Pak Putu nan penggantinya. Kita lagi tunggu Keppres dari Pak Presiden, sementara dirangkap pak Sekjen," kata Zulhas dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (4/9) dikutip Detikfinance.

Tak hanya hengkang dari Kemendag, Luthfi juga mengundurkan diri dari kepolisian usai resmi diusung maju sebagai cagub Jateng pada Pilkada 2024.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Dedi Prasetyo mengonfirmasi pengunduran diri Luthfi. Ia menyebut surat pengunduran diri eks Kapolda Jawa Tengah itu telah diproses Mabes Polri.

"Sudah diproses surat pengunduran dirinya," kata Dedi saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Rabu (28/8).

Luthfi mendapatkan penugasan di luar struktur Polri sebagai Irjen Kemendag. Ia bakal memasuki masa pensiun pada November 2024.

Ahmad Luthfi maju dalam Pilgub Jateng 2024 dengan support Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ia mengantongi support di antaranya dari Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, dan PSI. Luthfi dipasangkan dengan Taj Yasin.

Pasangan ini bakal berhadapan dengan Andika Perkasa dan Hendar Prihadi nan diusung PDIP. Andika merupakan eks Panglima TNI.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com