iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? Bocoran Ungkap Perbedaan Ukuran iPhone 16 Series

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran iPhone 16 bid kembali beredar di internet, di mana kali ini menungkap lebih item tentang perbedaan ukuran ponsel Apple tersebut.

Walau iPhone 16 dirumorkan memiliki bentuk mirip dengan iPhone generasi saat ini, Apple juga disebut-sebut melakukan perubahan terhadap ponsel barunya tersebut.

Terutama dalam hal bagaimana bentuk si iPhone, dan nuansa ponsel tersebut saat digenggam.

Salah satu exemplary yang akan mengalami perubahan besar adalah iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Mengutip Phone Arena, Senin (29/4/2024), iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diyakini akan tampil dengan layar berukuran 6.3 inci dan 6.9 inci.

Sedangkan untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Apple dikabarkan akan memakai sheet dengan ukuran 6.1 inci dan 6.7 inci.

Rumor ukuran layar keempat iPhone baru Apple itu diperkuat dengan foto dummy iPhone 16 series yang diunggah oleh Sonny Dickson.

<p>iPhone 16 Pro Lebih Besar dan Berat? (Doc: @SonnyDickson | Phone Arena)</p>

Seperti yang bisa Anda lihat dari foto di atas, ukuran bodi iPhone non-Pro dengan varian Pro terlihat lebih kecil.

Hal ini membuat varian iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terlihat lebih besar ketimbang exemplary non-Pro.

Foto ini juga mengonfirmasi beberapa rumor saat ini, seperti iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kini memiliki kamera vertikal--bukan diagonal seperti di iPhone 15 series saat ini.

Apple juga memindahkan flash LED dari 'pulau' kamera, dan kini terletak di samping dan bodi belakang iPhone.

Kenapa Apple memutuskan untuk mengubah tata letak kameranya? Kabarnya, iPhone baru Apple milik pome ini bakal mendukung pengambilan video spatial.

Dengan ukuran bodi iPhone 16 Pro lebih besar, pastinya berat ponsel baru milik Apple ini akan sedikit lebih berat dari pendahulunya dan mengecewakan.

Perlu diingat, salah satu hal terbaik tentang iPhone 15 Pro adalah bobotnya tidak seberat iPhone 14 Pro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Misteri Tombol Capture Button di iPhone 16 Terungkap

Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Bocoran iPhone 16 bid semakin ramai di internet, dengan bocoran terbaru dari produsen casing untuk ponsel milik Apple itu.

Dummy iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max mengonfirmasi dua rumor saat ini, yaitu kamera vertikal di lini iPhone 16.

Tak hanya itu, terungkap juga tombol baru di samping bodi ponsel milik Apple tersebut. Walau banyak prediksi dan dugaan, bocoran terkini menyingkap tabir misteri Capture Button di iPhone baru itu.

Berdasarkan bocoran informasi yang dibagikan oleh Sonny Dickson, terlihat casing untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max ini memiliki lubang di sisi kanan bodi ponsel untuk Capture Button.

Walau tata letak lensa kamera iPhone 16 sudah diprediksi, potongan untuk tombol mengaktifkan aplikasi kamera iPhone 16 ini memang masih menjadi misteri bagi banyak orang.

Alih-alih tertutup oleh casing seperti Action Button di lini iPhone 15 Pro dan Pro Max, dan harus diklik untuk digunakan, tombol di iPhone baru Apple ini hanya perlu disentuh saja.

Ternyata Cara Kerjanya Bukan di Klik

 Phone Arena)</p>

Mengutip Phone Arena, Selasa (23/4/2024), Apple dilaporkan telah bereksperimen dengan tombol daya dan measurement kapasitif untuk iPhone beberapa tahun belakangan ini.

Sayangnya, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut memilih membatalkan proyek tersebut karena terlalu berisiko dan sulit untuk dilakukan.

Akhirnya, perusahaan memutuskan untuk menerapkan tombol kapasitif baru dengan sensitivitas sentuhan di bawah tombol power. Rumor mengatakan, tombol tersebut akan diberi nama Capture Button.

Sesuai dengan namanya, tombol ini berfungsi untuk membuka aplikasi kamera di iPhone tanpa harus masuk ke dalam menu HP Apple seperti saat ini.

Lalu kenapa Apple membuat tombol kapasitif peka terhadap tekanan? Kemungkinan, ini berhubungan dengan mode pengambilan foto atau perekaman video, atau kontrol zoom.

Disebutkan, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan menggunakan kamera Tetraprisma buatan Apple sendiri. 

Kamera iPhone 16 Pro Bakal Punya Coating Lensa Baru

iPhone fastener surface pinch package iOS 16 (unsplash/Sarah B)

Rumor mengenai spesifikasi dan jadwal rilis dari lini iPhone 16 makin meluas. Terbaru, ponsel dari Apple ini dikabarkan akan menggunakan lapisan lensa baru.

Mengutip Gizchina, Jumat (19/4/2024), lapisan kamera yang baru ini memberikan kualitas foto lebih optimal dari generasi sebelumnya.

Bocoran dari leaker Yeux1122 di platform Naver menyebutkan Apple menggunakan teknologi Atomic Layer Deposition (ALD) di varian iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Teknologi ini akan menciptakan lapisan ultra tipis pada lensa. Lapisan yang dihasilkan bakal memiliki ketebalan hanya beberapa nanometer dan dapat diaplikasikan secara presisi. Lapisan sangat tipis ini jauh lebih rata dan mempunyai pengendapan seragam.

Dengan lapisan tipis dan seragam, Apple menargetkan hasil foto dengan flare lensa dan ghosting yang minimal. Flare atau suar lensa adalah pantulan yang tidak diinginkan antara lapisan kaca di dalam lensa.

Sedangkan pada ghosting, elemen terang pada gambar bisa tampak terduplikasi. Kedua masalah ini merupakan problem besar di sektor kamera ponsel.

Namun dengan lapisan terbaru ini, Apple dapat mengurangi cahaya suar dan ghosting yang masuk ke lensa. Teknologi ALD juga digunakan oleh produsen mobil pada kendaraan listrik untuk kontrol jalur yang akurat.

Meski begitu, menurut bocoran dari Yeux1122, teknologi ALD eksklusif untuk model HP iPhone 16 Pro.

iPhone 16 Pro Hadir dengan Frame Titanium dan Desain Glossy

 The Information

Terdapat laporan baru yang menunjukkan bahwa iPhone 16 Pro bakal menggunakan bahan Titanium unntuk sisi bodi smartphone.

Bedanya, iPhone 16 Pro framework bodi ponsel baru Apple ini akan terlihat lebih glossy dan halus dari exemplary iPhone 15 Pro saat ini.

Mengutip keterangan yeux112 di Naver via GSM Arena, desain iPhone 16 Pro ini dapat dicapai melalui peningkatan pemrosesan worldly dan pemrosesan warna.

Leaker ini juga mengatakan, bingkai di HP Apple itu tidak sepenuhnya terbuat dari bahan anti gores, dan mungkin akan sedikit mengecewakan bagi sebagian pengguna.

Akan tetapi hal ini tidak akan menghentikan pengguna untuk membeli iPhone baru ini, yang akan hadir dalam pilihan warna Space Black dan Rose baru selain putih dan abu-abu.

Bocoran lain menyebutkan, bezel iPhone 16 series akan lebih tipis, tata letak kamera vertikal, dan baterai berkapasitas lebih besar.

Selain itu, rumor menyebutkan warna lawas absen di lini iPhone 15 Pro dan kembali hadir adalah warna Rose.

Dalam kasus iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, warna Rose ini akan tampil emas dengan lebih kekuningan ketimbang warna emas merah seperti iPhone sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi