Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Mampu Mengerem Pejabat Seperti Saya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengenang sosok ahli ekonomi senior Faisal Basri sebagai tokoh nan bisa mengerem pejabat seperti dirinya.

"Bang Faisal ini menurut saya satu tokoh nan bisa mengerem para pejabat seperti saya. Jadi pikiran-pikirannya itu sangat kritis, tapi sebagian pikirannya itu benar," ujar Bahlil saat berjamu ke rumah duka di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9).

Ia menilai Faisal mempunyai kontrol sosial nan bagus. Bahlil mengaku tidak tahu siapa lagi sosok ahli ekonomi setelah Faisal nan berani lantang untuk bicara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi itu sebuah kebenaran, dan saya sangat apresiasi," imbuhnya.

Bahlil mengatakan sosok kritis seperti Faisal sangat dibutuhkan di dalam sebuah pemerintahan. Kendati mempunyai pandangan berbeda dalam satu dan lain hal, dia mengaku saling menghargai.

"Apalagi Bang Faisal ini kan, ya boleh dikatakan salah satu pembimbing saya dalam perihal data. Jadi sekalipun saya di-challenge dengan data-data, bagus. Almarhum ini top, deh," ucap Bahlil lebih lanjut.

Ia pun menyampaikan belasungkawa atas meninggalkan sang ekonom. Bahlil bercerita dirinya mengenai Faisal sebagai seniornya di Himpunan Mahasiswa Islam (MHI). Pada 1999, dia bercerita pernah membujuk Faisal mengisi seminar ekonomi di Papua.

"Beliau sangat orang baik, humble. Pikirannya sangat luar biasa, Kritis nan konstruktif. Dan saya pikir kita kehilangan tokoh ekonomi nan menurut saya cukup luar biasa," kata dia.

"Kita mendoakan Bang Faisal semoga diberikan pemaafan dari Allah SWT dan seluruh kebaikan ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan kepada seluruh kerabat nan pernah ada khilaf kata alias segala macam, saya sebagai juniornya minta untuk dimaafkan," imbuh Bahlil.

Faisal Basri meninggal bumi sekitar pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta, pada Kamis (5/9) hari ini. Ia sempat dirawat di rumah sakit nan sama sejak awal pekan ini lantaran penyakit jantung.

Rencananya, Faisal bakal dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan, pada Kamis sore.

[Gambas:Video CNN]

(sfr/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com