Pengguna Keluhkan Akun Apple ID Logout Sendiri, Diminta Ganti Password

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Apple melaporkan akun Apple ID mereka tiba-tiba ter-logout. Bahkan para pengguna ini diminta untuk mengubah password mereka untuk bisa mendapatkan akses ke Apple ID.

Masalah ini banyak dilaporkan oleh pengguna perangkat Apple mulai dari iPhone, iPad, hingga Mac.

Mengutip laporan, masalah ini mulai muncul di media sosial sekitar dua hari lalu, 26 April 2024, saat malam hari. Para pengguna melaporkan perangkat Apple mereka tahu-tahu logout dari akun Apple ID dan meminta si pengguna ganti password.

Seorang pengguna melaporkan, ketika dipakai, perangkat tiba-tiba saja logout dari Apple ID. Ketika pengguna tersebut mencoba untuk login kembali pakai password lama, mereka tak bisa melakukannya.

Dampak bagi pengguna

Mengutip Gizchina, Minggu (28/4/2024), masalah tak terduga ini menyebabkan implikasi lain bagi pengguna, salah satunya adalah memicu aktifnya Stolen Device Protection. Ini merupakan fitur untuk melindungi iPhone atau perangkat lain yang hilang.

Selain itu, para pengguna yang sebelumnya telah membuat kata sandi khusus aplikasi di iCloud juga me-reset ulang kata kuncinya sehingga bisa menganggu akses mereka ke berbagai aplikasi.

Apple dipastikan akan menggelar arena pada 12 September 2023 waktu Amerika Serikat. Dalam arena tersebut, perusahaan itu disebut-sebut akan memperkenalkan iPhone 15 generasi terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Belum Diketahui Alasannya, Tapi Kemungkinan Bug

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab masalah ini terjadi. Namun, hal ini kemungkinan terjadi berkaitan dengan adanya kerentanan keamanan atau sebuah serangan tertarget pada fitur reset password Apple.

Sebelumnya di masa lalu, serangan yang sama juga pernah terjadi. Saat itu penipu menggunakan instrumentality reset password Apple untuk mengirimkan spam ke pengguna dalam bentuk notifikasi, mencoba untuk mencuri kredensial login si pengguna.

Menghadapi masalah ini, para pengguna perangkat Apple yang mendadak akun Apple ID-nya ter-logout, disarankan untuk menghindari klik notifikasi nexus reset password.

Jangan Asal Klik!

Jika pengguna perangkat Apple menerima banyak permintaan pengaturan reset kata sandi yang tidak dikehendaki, mereka disarankan memilih opsi "Jangan Izinkan" pada notifikasi.

Pengguna juga disarankan untuk tak memberi apa pun kepada penelepon yang mengaku dari Apple Support.

Selain itu, pengguna didorong untuk mengaktifkan 2 facet authentication pada akun Apple ID mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menambah lapisan keamanan ekstra dan mencegah akses yang tidak sah.

Tips Atasi Bootloop di iPhone

1. Paksa Restart iPhone

Kamu bisa mencoba mengatasi iPhone yang mengalami footwear loop melalui restart paksa. Terdapat dua cara restart paksa tergantung tipe iPhone yang kamu gunakan.

Restart Paksa untuk iPhone 8 Ke atas:

  • Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik dengan cepat.
  • Ulangi langkah pertama dengan tombol Volume Turun.
  • Tahan tombol Samping hingga muncul logo iPhone.

Restart Paksa untuk iPhone 6 Ke Bawah:

  • Tekan dan tahan tombol Home dan tombol Power setidaknya selama 10 detik.
  • iPhone kamu akan bergetar yang menandakan restart paksa berhasil.

2. Memulihkan iPhone dapat memperbaiki masalah logo Apple yang berkedip pada iPhone

Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB original.
  • Buka iTunes di PC.
  • Setelah aplikasi iTunes terbuka, temukan dan klik logo perangkat di pojok kiri atas.
  • Klik tab Summary dan dan kemudian cari tombol "Recover iPhone. iTunes akan mengunduh versi iOS terbaru jika iPhone kamu tidak menjalankan package terbaru.
  • Jika kamu memiliki record backup terbaru, jendela pop-up akan muncul dan kamu dapat memilih record backup yang akan dipulihkan.
  • Klik record backup yang diinginkan dan klik “Restore” untuk melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi