Pengakuan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-23 Digilas Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong angkat bicara menanggapi kekalahan anak-anak asuhnya dari Uzbekistan dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Juru strategi asal Korea Selatan mengaku ada perihal nan dia sayangkan dari pertandingan, tetapi tak menampik Timnas Uzbekistan U-23 memang bermain bagus, sehingga bisa mengalahkan anak-anak asuhnya dalam duel perebutan tiket partai puncak.

Sekadar informasi, pasukan Garuda Muda sebelumnya lolos mengesankan ke semifinal usai terlibat pertarungan panjang nan diakhiri drama adu penalti dengan Korea Selatan di fase 8 besar. Sayangnya, kesuksesan tersebut kandas diteruskan kala Timnas Indonesia U-23 berjumpa Uzbekistan.

Pasukan Garuda Muda, nan berambisi mengamankan tiket langsung ke Olimpiade 2024 Paris, terus menerima gempuran dari Uzbekistan. Hal itu membikin mereka kesulitan menunjukkan performa terbaik.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong hanya bisa memaksakan skor 0-0 memperkuat saat turun minum. Indonesia nyaris membuka kelebihan lewat tindakan Muhammad Ferarri nan memanfaatkan kemelut dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, tetapi gol itu dianulir wasit pada menit 63.

Uzbekistan pun membelas dengan tampil tak terbendung setelahnya. Mereka berbalik mencetak gol pembuka lewat Khusayin Norchaev di menit 68. Timnas Indonesia U-23 nan berada di posisi tertinggal justru tertimpa nestapa makin besar memasuki 10 menit akhir waktu normal.

Kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah di menit 84, disusul bek Pratama Arhan nan membikin gol bunuh diri 2 menit berselang. Laga berhujung dengan skor 0-2 untuk kemenangan Uzbekistan, sehingga Indonesia kudu berebut tiket Olimpiade lewat duel penentuan juara 3 Piala Asia U-23 2024 kontra Irak.

Shin Tae-yong, mengungkapkan kekecewaannya setelah kalah 2-0 dari Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 AFC. Kekalahan ini membikin Indonesia kudu puas berkompetensi di pertandingan perebutan tempat ke-3 untuk merebut tiket Olimpiade Paris.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Shin Tae-yong Selepas Laga

Shin Tae-yong nan kandas mengantar anak-anak asuhnya tembus ke partai puncak pun angkat bicara selepas pertandingan. Dia mengapresiasi upaya para pemain, meski mengaku tetap ada perihal nan dia sayangkan dari laga kontra Uzbekistan.

"Saya mengapresiasi upaya nan dilakukan skuad, para pemain kami. Saya juga menilai Uzbekistan memang bermain dengan baik," ucap Shin Tae-yong dalam pernyataannya selepas duel, Senin (29/4/2024) malam WIB.

"Ada beberapa perihal nan tetap saya sayangkan (dari pertandingan), tetapi saya tidak mau mengungkapkannya. Intinya, Uzbekistan adalah tim kuat. Selamat untuk Uzbekistan."

"Kami pun tetap punya kesempatan untuk lolos ke Olimpiade. Jadi kami bakal mempersiapkan diri dengan baik agar bisa tembus ke Olimpiade," sambung ahli strategi asal Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-23 Gugup

Sementara itu mengenai performa timnya, Shin Tae-yong juga tak menyangkal klaim nan menilai Garuda Muda kandas menunjukkan performa maksimal sejak menit awal.

Menurutnya, kondisi ini disebabkan oleh emosi gugup nan dialami para pemain Timnas Indonesia U-23 usai mencetak sejarah dengan mencapai babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Saya pikir dari sebelum kami memulai pertandingan, para pemain sedikit gugup. Jadi itu mungkin memengaruhi tim kami," saya Shin Tae-yong.

"Mereka tidak bisa bermain dengan begitu bagus. Itulah argumen kami juga tidak bisa bermain sebagus seperti sebelumnya," tandas pembimbing Timnas Indonesia U-23.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga