Menjelajah Keindahan Segitiga Karang Dunia di Indonesia di Pulau Wakatobi Bersama Komik Literasi Kipin

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
Sumber : Wakatobi.com / Galeri Foto Taman Wakatobi

 Indonesia adalah negara nan kaya bakal keelokan alamnya. Salah satu tempat  destinasi nan mempunyai keelokan alam serta menarik perhatian banyak orang adalah Pulau Wakatobi. Pulau Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten Wakatobi mempunyai 43 pulau, terdapat 4 pulau besar diantaranya ialah pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko (WaKaToBi).

Sumber : Wakatobi.com / Galeri Foto Taman Wakatobi

Data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, nyaris sekitar 90% jenis kerang di bumi dan beragam jenis ikan nan terdapat di Wakatobi. Oleh karena itu, Wakatobi dijuluki sebagai surganya bawah laut. Kebudayaan serta potensi kekayaan laut menetapkan Wakatobi dipilih sebagai Cagar Biosfer Bumi ke-8. Hal itu ditetapkan oleh  UNESCO pada tahun 2012. 

Dikutip dari  Indonesiabaik.id pada tahun 2016, Pemerintah menetapkan Wakatobi sebagai salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Destinasi pariwisata prioritas lainnya meliputi Kepulauan Seribu, Taman Nasional Bromo, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Tanjung Lesung, Morotai, dan Raja Ampat, dan Borobudur.

Keindahan Pulau Wakatobi tidak terlepas dari keelokan Pantainya. Terdapat puluhan pantai nan mempunyai keindahannya masing-masing. Menurut Skyscanner Indonesia, Wakatobi mempunyai 5 pantai yang  tercantik ialah Pantai Sombano, Pelabuhan Tao, Pantai Onruwe, Pelabuhan Tomia, dan Pulau Hoga. Keindahan serta karakter wisata di Wakatobi menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pengembangan serta menjaga kelestarian alam Wakatobi juga berpotensi untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Apalagi, kebanyakan masyarakat Wakatobi nan bekerja sebagai nelayan. 

Berbagai keelokan patut dikulik dan dibanggakan dari Pulau Wakatobi ini. Salah satunya adalah dengan menyebarluaskan info dan pengetahuan kepada beragam khalayak. Pendidikan.id merupakan platform edutech nan bergerak dalam misi mencerdaskan bangsa. Pendidikan.id menyediakan beragam konten pembelajaran dalam satu mobile aplikasi, nan bisa dimanfaatkan tak hanya lembaga pendidikan, melainkan juga seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu konten nan diproduksi oleh Pendidikan.id adalah komik. Melalui komik literasi, Pendidikan.id mau berbagi informasi, pengetahuan pengetahuan, dan pesan moral nan tersaji dalam corak cerita dan ilustrasi. Salah satunya adalah komik berjudul ‘Laut Cantik Wakatobi’ nan membahas keelokan laut dan pulau Wakatobi sendiri.

   Halaman depan Komik Literasi ““Laut Cantik Wakatobi”

Komik Literasi Pendidikan.id dengan judul  “Laut Cantik Wakatobi” menceritakan tentang Alek, Yola, dan Betrand nan berkesempatan mewakili sekolah untuk mengikuti undangan wisata ke Wakatobi. Mereka mengunjungi wisata-wisata alam laut dan desa nelayan, salah satunya ialah desa Molla serta Sombu Dive. Wakatobi terkenal dengan pemandangan lautnya nan indah. 

Melalui komik literasi “Laut Cantik Wakatobi” pembaca diajak untuk mengetahui tempat-tempat wisata laut nan ada di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi berbentuk kepulauan nan mempunyai pesona wisata laut dan pantai nan sangat indah. Wakatobi juga masuk dalam salah satu wilayah segitiga karang bumi ialah area laut di Samudera Pasifik nan kaya bakal keanekaragaman hayati.

     Cuplikan isi Komik Literasi “Laut Cantik Wakatobi”

Penasaran dengan keseluruhan isi komik literasi ‘Laut Cantik Wakatobi’ ? Temukan komik tersebut dan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download sekarang di https://kipin.id/download.html

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id