Langkah Pasti Menteri BUMN Erick Thohir Berdayakan UMKM Lokal

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Pertamina | CNN Indonesia

Senin, 29 Apr 2024 10:08 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir secara konsisten memberdayakan UMKM lokal agar terus bertumbuh dan naik kelas dengan peresmian Rumah BUMN (RB) Pekanbaru. Peresmian Rumah BUMN Pekanbaru untuk merelokasi UMKM dapat terfasilitasi lebih baik, dari sebelumnya menyewa ruko, menjadi pemanfaatan aset BUMN nan mengelola Rumah BUMN Pekanbaru, ialah PT Pertamina (Persero). (Foto: Pertamina)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara konsisten memberdayakan UMKM lokal agar terus bertumbuh dan naik kelas. Hal tersebut salah satunya diwujudkan dengan peresmian Rumah BUMN (RB) Pekanbaru.

Peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan upaya relokasi agar UMKM dapat terfasilitasi lebih baik, dari sebelumnya menyewa ruko, menjadi pemanfaatan aset BUMN nan mengelola Rumah BUMN Pekanbaru, ialah PT Pertamina (Persero).

Untuk Pertamina sendiri, Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan 1 dari 30 Rumah BUMN nan dibina. Rumah BUMN Pekanbaru menaungi 3.200 UMKM lokal Pekanbaru dan telah secara rutin melakukan training sebanyak 120 kali untuk memfasilitasi UMKM naik kelas sejalan dengan visi Menteri BUMN Erick Thohir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kementerian BUMN nan diwakilkan BUMN Pertamina melalui VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan bahwa, Kementerian BUMN, juga dengan BUMN-BUMN khususnya Pertamina dalam perihal ini, berkomitmen untuk membantu pergerakan perekonomian nasional.

"Dan melakukan pembinaan UKMM sebagai sebuah tujuan. Salah satunya adalah dengan membangun dan mengelola Rumah BUMN," kata Fajriyah dalam keterangannya dikutip Senin, (29/4).

Agenda peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini juga dibarengi dengan Launching Cofee Shop Kabar Baik, sebagai pemberdayaan tenaga lokal daerah.

Turut datang pula dalam agenda ini Corporate Secretary Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto; Direktur Eksekutif TJSL BUMN, I Gede Arimbawa Yasa; Deputi Direktur bid KSI, Hendra Novriansah; Kakanwil BPJS TK Sumbarriau Kepri, Eko Yuyulianda.

Kemudian RCEO BRI, Kicky Davetra; GM Telkom, Shane Sihombing; perwakilan Dinas UMKM & Koperasi, Kadin Kota Pekanbaru; serta CEO/CFO Muda Rumah BUMN Se-Indonesia.

Sejauh ini Rumah BUMN Pekanbaru telah menghasilkan banyak penemuan untuk mendukung perkembangan kualitas UMKM, diantaranya RB Energy ialah pemanfaatan minyak jelantah diolah ke biofuel serta pemanfaatan PLTS genting sebagai kemandirian daya RB.

Kemudian ada RB Ambassador nan merupakan pendampingan 1on1 ke UMKM untuk peningkatan pemahaman tentang UMKM Go Digital dengan melibatkan mahasiswa Universitas Riau, sehingga pemberdayaan nan terjadi dengan adanya Rumah BUMN Pekanbaru ini terjadi di segala sisi.

(inh)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com