Review HP Smart Tank 580: Printer Multifungsi Hemat Biaya untuk Kebutuhan Cetak Tinggi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Printer saat ini ternyata masih banyak digunakan oleh para pekerja kantoran, pelajar, dan pengusaha kecil untuk berbagai kebutuhan.

Sejalan dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi printer pun semakin canggih dari tahun ke tahun.

Dulu kita harus bersusah payah menghubungkan laptop atau PC ke printer, kini banyak perusahaan semakin memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen baik via kabel atau nirkabel.

Salah satu perusahaan tersebut adalah HP. Yup, hari ini tim Tekno Liputan6.com kedatangan sebuah printer yang dapat mencetak dokumen dengan mudah dan canggih.

Printer tersebut adalah HP Smart Tank 580. Perusahaan mengklaim, printer ini adalah solusi ideal, multifungsi, dan canggih.

HP Smart Tank 580 sendiri adalah printer terkini dari lini Smart Tank milik HP. Berbeda dari exemplary sebelumnya, printer baru HP ini dijual dengan harga lebih terjangkau.

Walau lebih murah, bukan berarti printer HP ini 'miskin' fitur. Perusahaan justru menyematkan sejumlah fitur yang ada di lini Smart Tank lain.

Penasaran seperti apa, berikut adalah reappraisal singkat HP Smart Tank 580.

Desain Modern dan Fungsional

Printer HP Smart Tank 580 tampil dengan desain modern dan ramping, cocok untuk ditempatkan di meja kerja di berbagai ruangan.

Bodi Smart Tank 580 terbuat dari plastik berkualitas tinggi, membuatnya kokoh dan tahan lama.

<p>Printer dapat dikeluarkan dengan sangat mudah berkat kantong plastik dengan pegangan yang sudah disediakan oleh HP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Pemasangan printer ini terbilang sangat mudah berkat kantong plastik dengan gagang yang HP sertakan, sehingga kami dapat mengeluarkan printer HP dari boks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mudah Isi Tinta di Printer

<p>HP menyediakan tinta berwarna KCMY di setiap pembelian printer Smart Tank 580. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Walau menawarkan kemampuan mencetak dokumen secara wireless, HP tetap menyediakan kabel USB-B ke USB-A disertai dengan kabel power, dan botol tinta cair KCMY.

Menariknya, Anda dapat dengan mudah mengecek apakah tinta di masing-masing cartridge sudah mau habis atau masih penuh. Selain itu, pengisian masing-masing tinta juga kini lebih mudah.

<p>HP menyediakan larboard untuk menghubungkan printer ke laptop/PC jika tidak ingin mencetak via Wi-Fi atau bluetooth. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Di bagian belakang, terdapat larboard powerfulness dan USB-B jika Anda butuh mencolokkan printer ke laptop atau PC.

Di bagian atas, Anda akan menemukan sebuah scanner untuk memindai foto, dokumen dan masih banyak lagi. HP juga menyematkan tombol di bagian atas printer, dan bisa dipakai untuk fotokopi hitam putih atau berwarna.

Ada juga LCD kecil berfungsi menampilkan berbagai parameter, kesalahan, dan lainnya. Anda juga dapat mengetahui apakah printer terhubung dengan Wi-Fi atau tidak.

<p>HP menyediakan tombol intuitif untuk mengetahuk koneksi printer dengan jaringan Wi-Fi, tombol cetak warna atau hitam putih, informasi, melanjutkan proses cetak, dan kemampuan untuk mencetak ID/KTP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Kualitas Cetak Tinggi dan Hemat Biaya

<p>Proses pengisian tinta di HP Smart Tank 580 sangat mudah dan cepat. (Liputan6.com/Yuslianson)</p>

HP Smart Tank 580 mampu mencetak hingga 100 dokumen, di mana baki printer ini mampu menampung maksimal 30 lembar kertas saja.

Dalam hal mencetak, printer HP ini terbilang sangat cepat saat kami coba pakai untuk mencetak dokumen. Namun, kecepatan ini tergantung dari kualitas dan berapa banyak yang ingin dicetak.

<p>HP Smart Tank 580. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

HP sendiri mengatakan, printer ini dapat mencetak hingga 22 halaman per menit untuk hitam dan 16 halaman per menit saat mencetak dokumen berwarna.

Sepanjang pemakaian, klaim tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kenyataannya. Kami menyadari, tinta hasil cetak di kertas cepat mengering.

Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi bila tinta di dokumen akan menempel di jari saat mengambil kertas dari printer.

Konektivitas Nirkabel dan Pencetakan Mobile

<p>Pengaturan awal HP Smart Tank 580 dapat dilakukan secara manual atau menggunakan HP Android, iOS, dan lewat PC/laptop). (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi, Anda bisa mencetak dokumen di HP Smart Tank 580 dari perangkat smartphone, tablet, atau laptop tanpa perlu terhubung dengan kabel.

Cukup dengan aplikasi HP Smart, seluruh kendali di printer dan akses berbagai fitur lain dapat dipakai dengan mudah. Selama review, kami menghubungkan printer ini dengan jaringan Wi-Fi di rumah.

Karena terhubung ke internet, Anda dapat mencetak dokumen dari mana saja, baik sedang di kantor atau di jalan sekalipun.

<p>HP menyediakan tombol intuitif untuk mengetahuk koneksi printer dengan jaringan Wi-Fi, tombol cetak warna atau hitam putih, informasi, melanjutkan proses cetak, dan kemampuan untuk mencetak ID/KTP. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Untuk kebutuhan scanning, printer ini juga sangat mumpuni. Berbekal aplikasi di perangkat mobile, Anda bisa menyimpan dokumen ke dalam berbagai format, mulai dari JPEG, PNG, dan lainnya.

Seperti mencetak secara wireless, Ada cuga bisa men-scan dari mana saja. Pastikan ada orang di rumah atau di samping printer untuk menaruh dokumen atau foto di scanner.

Kesimpulan

<p>HP Smart Tank 580 menyediakan bak untuk menampung hasil cetak sehingga tidak 'meluber' dari mesin printer. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Meskipun demikian, banderol harga Rp 2.735.000 untuk sebuah printer bagi kebanyakan pengguna terbilang jumlah uang besar, terutama jika Anda tidak akan menggunakannya terlalu sering.

Namun jika Anda sering mencetak dokumen, file, dan lain-lain, baik di rumah atau kantor, maka itu sepadan.

Ditambah, dengan fitur wireless dan bisa mencetak dokumen tanpa harus repot-repot colok via kabel sudah bisa menjadi fitur sepadan dengan biaya tambahannya.

Selain itu, seri HP Smart Tank menggunakan tinta cair dibandingkan tinta jenis kartrid. Hal ini mempermudah pengisian ulang karena Anda hanya perlu membeli tinta khusus diperlukan. Jadi dalam jangka panjang, Anda bisa berhemat lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi