Makan Bergizi Gratis Prabowo Dijamin Tak Potong Anggaran Pos Lain

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Orang dekat Prabowo Subianto, Rachmat Pambudy, menjamin tak bakal ada pemangkasan pos anggaran lain hingga kenaikan pajak demi makan bergizi gratis.

"Pokoknya anggarannya ada, tidak mengganggu (pos) anggaran nan sudah ada. Tidak usah takut pajak-pajak dinaikkan nanti, tidak usah takut," tegas laki-laki nan bergelar Guru Besar IPB ini saat ditemui di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (4/7).

"Ah, itu (efisiensi anggaran) gak usah ada makan bergizi juga ada efisiensi. Zaman Bu SMI (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati) saja efisiensi terjadi," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rachmat menegaskan janji kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pasti terlaksana. Ini bakal dikebut dalam lima tahun kepemimpinan, ialah 2024 hingga 2029.

Ia menegaskan Prabowo tak mungkin berjanji jika tak bisa melaksanakannya. Ini termasuk untuk program makan bergizi cuma-cuma hingga swasembada pangan.

"Harus bisa, lantaran pak presiden (presiden terpilih 2024-2029 Prabowo) sudah berjanji. Janji swasembada pangan, kudu bisa. Janji presiden kudu ditepati. Iyalah (dalam waktu 5 tahun). Doable, posible. Kalau gak doable, posible, pak presiden tidak bakal berjanji," tutur Rachmat.

Meski begitu, Rachmat belum bisa merinci sasaran sasaran makan bergizi cuma-cuma di periode pertama. Padahal, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan tim transisi Prabowo sudah sepakat menggelontorkan Rp71 triliun pada 2025.

Ia juga menghargai kepemimpinan Presiden Jokowi nan tetap berlangsung. Rachmat mengatakan belum saatnya Prabowo mengumumkan kementerian/lembaga (K/L) nan bakal secara unik menjalankan janji kampanye tersebut.

"Grand design sudah ada. Nanti jika saya sudah boleh bicara, saya bicara. Pelantikan (Prabowo) kan 20 Oktober," kata Rachmat memberi kode.

"Pokoknya pak presiden terpilih Prabowo berbareng pak wapres Gibran sudah bekerja agar beliau kelak pada saatnya ketika APBN turun, maka ini bisa segera dilaksanakan dengan lebih sigap lagi," jelasnya.

Rachmat adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), organisasi nan pernah dipimpin Prabowo selama dua periode, ialah 2004-2009 dan 2010-2015.

Namanya juga dicatut dalam daftar viral di media sosial, mengenai mereka nan bakal menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Walau, dia belum berani mengonfirmasi dengan lantang berita menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan, Gizi, dan Pembangunan Manusia.

"Nanti ada, kelak pasti ada (leading sector makan bergizi gratis). Pokoknya sesegera mungkin lah, saya gak bisa ngomong itu. Saya tidak bicara itu. Saya tahu, tapi saya tidak boleh bicara," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com