Lima Paslon Lolos Tes Kesehatan, selanjutnya KPU KBB Bakal Cek Keabsahan Ijazah 

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

SEKITARKITA.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, Ripqi Ahmad Sulaeman, mengonfirmasi bahwa lima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 telah dinyatakan lulus tes kesehatan.

“Tidak ada masalah, baik secara jasmani maupun rohani kelima paslon ini memenuhi syarat hasil dari keterangan pihak rumah sakit. Tidak ada temuan nan menjadi hambatan untuk kelulusan mereka dinyatakan sehat dan memenuhi syarat,” ungkap Ripqi kepada SEKITARKITA.id, Kamis, (05/09/20204).

Lebih lanjut, Ripqi menjelaskan tahapan berikutnya setelah pengumuman kelulusan tes kesehatan adalah verifikasi piagam para calon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Untuk tahapan selanjutnya, kami bakal melakukan verifikasi aktual mengenai keabsahan piagam mereka. Kami bakal memeriksa ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus nan berkepentingan untuk memastikan keaslian ijazah,” katanya.

Ripqi menambahkan, jika ada calon nan terbukti memalsukan piagam alias tidak dapat memberikan bukti nan sah, KPU bakal melakukan diskualifikasi.

“Kita bakal lakukan penjelasan kepada paslon nan bersangkutan, jika ditemukan bukti bahwa calon tidak memenuhi persyaratan, terutama mengenai keabsahan ijazah, tentu bakal ada hukuman diskualifikasi,” tegasnya.

KPU Kabupaten Bandung Barat juga telah menetapkan bahwa pengundian nomor urut pasangan calon bakal dilaksanakan pada 23 September 2024, sehari setelah pengesahan berkas pencalonan.

“Tanggal 23 September kami bakal mengundi nomor urut pasangan calon. Proses pengundian ini bakal dilakukan secara transparan dan terbuka,” kata Ripqi.

Setelah pengundian nomor urut, KPU bakal segera menjadwalkan debat terbuka antar pasangan calon nan bakal berjalan dalam rentang waktu dari 25 September hingga akhir bulan.

“Debat pasangan calon bakal digelar setelah pengundian nomor urut. Jadwalnya bakal berada dalam tahapan nan telah kami tetapkan, mulai dari tanggal 25 hingga akhir September 2024,” tambah Ripqi.

Dengan tahapan-tahapan tersebut, KPU Kabupaten Bandung Barat memastikan proses Pilkada 2024 bakal melangkah sesuai prosedur dan transparan.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan Pilkada ini dengan jujur, adil, dan terbuka bagi semua pihak,” tutup Ripqi.

Sebelumnya, lima kandidat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nan ikut dalam kontestasi Pilkada di Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menjalani pemeriksaan kesehatan selama dua hari di RS Hasan Sadikin Bandung.

Kelima paslon tersebut diantaranya Didik Agus dan Gilang Dirgahari nan diusung oleh (PKS, Partai Demokrat), Ritchie Ismail dan Asep Ismail (PAN, Partai Gerindra), Edi Rusyadi dan Unjang Asari (Golkar, PKB, PPP), Hengki Kurniawan dan Ade Sudrajat (PDIP, Partai Nasdem, Partai Perindo dan Partai Buruh) serta dari pasangan perseorangan Sundaya dan Aa Maulana.

Pemerikasaan hari pertama pada Sabtu (31/8/2024) mulai pukul 09:WIB meliputi pemeriksaan tes kesehatan kerohanian. Diantaranya tes ilmu jiwa dan lainnya dan baru selesai sekitar pukul 16:00 WIB.

Kemudian di hari kedua beragendakan tes kesehatan jasmani. Para bakal calon bupati dan wakil bupati Bandung Barat sudah tiba di RSHS pada Minggu (1/9/2024) sekitar pukul 07:00 WIB.

DI tahap ini setidaknya ada 23 rangkaian tes kesehatan, seperti tes mata, urin, jantung, paru-paru, penyakit dalam tulang, skiatri hingga psikolog.

Sumber sekitarkita.id politik
sekitarkita.id politik