Liputan6.com, Jakarta - Rumor tentang iPhone 16 Pro nan dijadwalkan bakal debut berbarengan dengan iPhone 16, iPhone 16 Plus, dan iPhone 16 Pro Max pada akhir tahun ini.
Terkini, iPhone 16 Pro disebut-sebut bakal mempunyai tingkat kecerahan sinar di layar 20 persen lebih terang dibandingkan pendahulunya.
Mengutip GSM Arena, Senin (13/5/2024), iPhone 15 Pro mempunyai kecerahan 1.000 nits, dan iPhone 16 Pro bakal mencapai 1.200 nits.
Adapun mode High Brightness tertinggi HP baru Apple ini bakal tetap sama, meskipun banyak pengguna bakal sedikit bingung dengan angka-angka tersebut.
Biasanya, produsen mengambil nomor tingkat kecerahan nan diinginkan. Namun, sekarang ada beberapa mode nan perlu dipertimbangkan di iPhone, seperti kecerahan manual, biasa, High Brightness, dan HDR.
Sumber anonim ini mengklaim, iPhone 16 Pro bakal mempunyai tingkat kecerahan High Brightness di 1.600 nit--seperti pendahulunya. Akan tetapi, generasi iPhone sebelumnya bisa mencapai 2.000 nits.
Perlu diperhatikan, sumber rumor ini mempunyai rekam jejak beragam mengenai beragam bocoran tentang Apple, meskipun akun tersebut memang memprediksi beberapa peluncuran secara akurat.
Bagaimanapun, tidak mengherankan sama sekali jika Apple membikin layar iPhone 16 Pro lebih cerah, lagipula peningkatan kecerahan juga menjadi tren akhir-akhir ini di lini HP Android.
Kecerahan tipikal 1.000 nit tetap sama sejak diperkenalkannya iPhone 13 Pro pada tahun 2021, jadi mungkin sudah waktunya Apple untuk meningkatkannya di iPhone terbaru ini.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.
Apple Hampir Selesaikan Kesepakatan dengan OpenAI
Lebih lanjut, rencana Apple untuk memboyong chatbot AI ChatGPT ke iPhone lewat pembaruan iOS 18 sepertinya bakal menjadi realita dengan support OpenAI.
Ya, Apple dan OpenAI saat ini memang dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa teknologi chatbot AI tersebut ke produk buatan mereka.
Informasi kolaborasi dengan OpenAI ini diperkuat oleh laporan koresponden Bloomberg, Mark Gurman. "Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI," kutip laporan Bloomberg via PhoneArena, Minggu (12/5/2024).
Mark Gurman menyebutkan, "Pembicaraan Apple dan OpenAI mengenai beberapa fitur AI generatif--seperti chatbot--akan diperkenalkan berbarengan dengan iOS 18 tahun ini."
Sayangnya, apa saja fitur-fitur tersebut belum diketahui. Namun berasas info beredar saaat ini, aplikasi iOS 18 tertentu bakal terintegrasi dengan AI.
Safari dan Messages
Beberapa aplikasi tersebut, antara lain Safari dan Messages. Kemungkinan, aplikasi bawaan iOS itu bakal dilengkapi dengan fitur AI yang dapat meringkas konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.
Selain itu, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga mau merombak besar-besaran asisten virtual mereka yaitu Siri. Disebutkan, Siri bakal tampil lebih pandai berkah teknologi AI ini.
Pada saat sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digital mereka sendiri dan tidak diketahui apakah perihal tersebut mengenai dengan pengembangan Siri alias tidak.
Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga disebut-sebut tetap dalam pembicaraan dengan Google tentang menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone.
Sejauh ini, belum ada laporan kelanjutan tentang kerjasama Apple dan Google ini. Pastinya, info lebih lanjut tentang rencana Apple dengan AI ini pada 10 Juni mendatang di WWDC 2024.
Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 nan Kontroversial
Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan organisasi kreatif.
Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.
Sebagai corak promosi beragam perihal imajinatif nan bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul "Crush!" nan memperlihatkan beragam benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.
Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, nan tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas tentang iklan iPad Pro 2024 pun dilayangkan beragam pihak.
Apple: Kami Meleset dari Sasaran
Hugh Grant menyebutnya sebagai “penghancuran pengalaman manusia,” sementara kepala Handmaid’s Tale, Reed Morano, mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook untuk “membaca ruangan” dalam sebuah postingan di X.
Sadar iklan tersebut menjadi pembicaraan, Tor Myhren, Apple’s vice president of marketing mengeluarkan pernyataan. Dilansir Ad Age, Jumat (10/5/2024), Tor mengatakan, Apple telah "meleset dari sasaran."
“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat krusial bagi kami untuk merancang produk nan memberdayakan orang-orang imajinatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.
“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan beragam langkah pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami minta maaf.”
* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.