Garuda-Singapore Airlines Akan Kolaborasi, Harga Tiket dan Servis Sama

Sedang Trending 3 hari yang lalu

CNN Indonesia

Kamis, 04 Jul 2024 22:20 WIB

Garuda Indonesia bekerja sama dengan Singapore Airlines. Nantinya nilai tiket dan servis kedua maskapai disamakan dan berbagi pendapatan. Garuda Indonesia bekerja sama dengan Singapore Airlines. Nantinya nilai tiket dan servis kedua maskapai disamakan dan berbagi pendapatan. (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bakal mengumumkan kerja sama dengan Singapore Airlines (SQ) sebelum presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dilantik.

Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra mengatakan joint venture dengan SQ bakal diumumkan dalam waktu dekat. Namun, tetap menunggu lampu hijau dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

"Insyaallah sebelum pelantikan presiden (Prabowo Subianto), pasti kami bakal umumkan. Tapi secara company sudah sepakat dengan teman-teman SQ (Singapore Airlines)," terang Irfan, dikutip dari detikcom, Kamis (4/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Restu dari KPPU diperlukan dalam kerja sama ini. Pasalnya, kedua maskapai tersebut bakal menerapkan satu nilai pada rute nan sama.

Irfan menegaskan pendapatan dari rute nan dikerjasamakan juga bakal dibagi bersama. Walaupun, dia belum menjelaskan gimana persentase pembagian untung tersebut.

"Intinya adalah dengan joint venture itu rute nan kita terbangkan, SQ terbang, ialah Jakarta-Singapura, Surabaya-Singapura, Bali-Singapura itu nilai kita sama, servis kita sama, sama lah. Jadi, orang mau naik SQ di rute itu plus minus sama, terus kita kemudian revenue share," jelasnya.

Bos Garuda itu menekankan joint venture ini bakal menguntungkan kedua belah pihak. Keuntungan nan didapat tidak hanya secara finansial, juga mencakup aspek lain-lain.

Akan tetapi, dia menyebut ada jangka waktu kerja sama antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines tersebut.

"Jadi, jika rupanya di perjalanannya ada salah satu pihak merasa rugi, bisa kita berhentikan alias direvisi kalkulasi angkanya," tutup Irfan.

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com