4 Fitur Unggulan Platform E-grocery Ini Bikin Emak-Emak Hemat Belanja Online

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Era digital telah mengubah kebiasaan shopping masyarakat, terutama para ibu rumah tangga (emak-emak). Jika dulu berbelanja kebutuhan sehari-hari kudu ke pasar alias supermarket, sekarang cukup dengan beberapa klik, segala kebutuhan terpenuhi.

Namun, di kembali kemudahannya, tak sedikit jasa shopping online nan justru menyulitkan pengguna. Memahami tantangan tersebut, platform e-grocery AlloFresh menawarkan solusi shopping nan lebih praktis dan hemat.

“Kami memahami bahwa para ibu-ibu adalah pahlawan family dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Melalui fitur-fitur unggulan kami, AlloFresh memberikan solusi belanja online nan lebih efisien dan hemat," ujar VP of Marketing AlloFresh Sandy Maulana, melalui keterangannya, Minggu (15/12/2024).

Dengan empat fitur unggulan dan terbarunya, AlloFresh menyatakan memberikan pengalaman shopping online nan irit duit dan waktu untuk emak-emak. Berikut di antaranya:

1. Rekomendasi Produk Pribadi

AlloFresh punya fitur pandai nan bakal merekomendasikan produk-produk nan biasa dibeli para ibu rumah tangga. Fitur ini membantu mereka menghemat waktu belanja.

2. Pengiriman Terjadwal

Tidak perlu lagi menunggu-nunggu pesanan. Dengan fitur pengiriman teragendakan di platform e-grocery ini, para ibu rumah tangga bisa memilih waktu pengiriman nan paling sesuai dengan aktivitas.

3. AlloFresh Club

Para pengguna bisa menikmati beragam untung menarik dengan berasosiasi menjadi member AlloFresh Club. Setiap transaksi bakal memberikan poin nan bisa ditukarkan dengan voucher shopping alias diskon.

4. Notifikasi Promo

E-grocery AlloFresh juga bakal mengirimkan notifikasi langsung ke aplikasi setiap ada promo terbaru agar pengguna tak ketinggalan promo menarik.

Tips Aman Belanja Online di Harbolnas

Namun, di kembali gemuruh potongan nilai besar-besaran di platform e-commerce, ancaman siber seperti phishing, techscams, dan Adversary-in-the-Middle (AiTM) mengintai konsumen.

Semakin meningkatnya ancaman siber di momentum seperti ini, Microsoft berbagi serangkaian tips kondusif shopping online Harbolnas 12.12.

"Para pelaku kejahatan siber bakal memanfaatkan rasa terburu-buru pembeli terpengaruh potongan nilai besar, stok terbatas, dan lama penawaran singkkat," kata Panji Wasmana, National Technology Officer Microsoft Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (12/12/2024).

Jenis Ancaman Siber Perlu Diwaspadai

1. Phishing

Phishing adalah salah satu metode serangan siber di mana pelaku mencoba mencuri info sensitif dengan menyamar sebagai entitas terpercaya.

Selama momen ini, phishing sering kali muncul dalam bentuk email promosi palsu, tautan mencurigakan di media sosial, alias pesan teks meminta pengguna mengklik link tersebut.

Kini, penjahat siber sudah mulai meningkatkan tindakan mereka dengan menggunakan metode 'phishing kode QR' di mana pengguna diarahkkan ke situs tiruan melalui kode QR.

Biasanya, situs tersebut dibuat agar menyerupai website e-commerce ternama. Bila tidak sadar, pengguna pun bisa saja memasukan info krusial seperti kartu kredit atau password.

2. Adversary-in-the-Middle (AiTM)

Metode serangan ini semakin canggih, di mana pelaku kkejahatan siber menempatkan diri mereka di antara pengguna dan jasa otentikasi.

Biasanya, merekka memanfaatkkan kkelelahan pengguna melalui metode "MFA fatigue" (Multi-Factor Authentication fatigue).

Selama Harbolnas, konsum sering kali disibukkan dengan beragam notifikasi. Pelaku bakal mengirim permintaan autentikasi MFA tiruan secara terus-terusan.

Jika pengguna secara tidakk sadar menyetujui permintaan tersebut, pelaku dapat mengakses akun korban.

3. Techscams

Modus techscams tejadi saat pengguna diarahkan kkke situs tiruan alias dihubungi oleh "perwakilan jasa pengguna palsu" mengaku berasal dari perusahaan besar.

Pelakku menyatakan telah terjadi masalah pada akun korban dan meminta info pribadi, alias pembayaran tertentu agar pengguna bisa mendapatkan akses.

Berbeda dari akksi phishing, kerugian dari techscams ini bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih besar.

Tips Aman Belanja Online dari Microsoft

Untuk menghadapi ancaman-ancaman tersebut, Microsoft memberikan pedoman agar konsumen tetap kondusif saat berbelanja online di Harbolnas 12.12. Berikut tipsnya:

1. Cek Keaslian Link dan Tawaran Promosi

  • Jangan langsung mengklik tautan nan diterima dari email, SMS, alias media sosial tanpa memeriksa asal usulnya.
  • Pastikan Anda hanya berbelanja di situs resmi alias aplikasi e-commerce terpercaya.
  • Periksa ulang URL situs. Situs tiruan biasanya mempunyai pelafalan nan nyaris mirip dengan nan asli, misalnya, "tokopedi4.com" alih-alih "tokopedia.com".

2. Waspadai QR Code Phishing

  • Jangan sembarangan memindai kode QR dari sumber nan tidak dikenal.
  • Jika kode QR diarahkan ke situs web, pastikan URL-nya sesuai dengan alamat situs resmi.

3. Gunakan Metode Autentikasi Ganda (MFA)

  • Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan Multi-Factor Authentication (MFA) di akun e-commerce Anda.
  • Microsoft mengungkap, MFA dapat memblokir hingga 99 persen serangan berbasis kata sandi.
  • Sebisa mungkin, gunakan metode autentikasi berbasis biometrik (sidik jari alias pengenalan wajah) untuk mengamankan akun Anda.

Pakai Password Manager hingga Update Aplikasi

4. Gunakan Password Manager dan Passkey

  • Gunakan password manager untuk membikin dan menyimpan kata sandi unik di setiap platform.
  • Beralihlah ke "passkey", metode autentikasi berbasis biometrik nan lebih kondusif daripada kata sandi biasa.

5. Perbarui Perangkat dan Aplikasi Anda

  • Pastikan perangkat dan aplikasi Anda selalu diperbarui dengan jenis terbaru. Pembaruan ini sering kali mencakup tambalan keamanan (security patches) nan mencegah serangan terbaru.
  • Hindari menggunakan Wi-Fi publik saat melakukan transaksi keuangan. Wi-Fi publik rawan disadap oleh pelaku kejahatan siber.

Infografis Hari Belanja Online (Liputan6/desi)

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi