ZTE Hadirkan Infrastruktur Komputasi untuk Dorong Pelatihan Model AI

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta ZTE menghadirkan serangkaian solusi komputasi, storage, jaringan, dan internet info center (IDC) nan mewujudkan penerapan perangkat lunak dan perangkat keras full-stack terintegrasi, serta mempercepat penerapan jasa di cloud.

Vice President ZTE Corporation, Wang Quan, mengatakan penemuan terbaru perusahaan dalam solusi prasarana komputasi dirancang untuk membuka beragam kesempatan baru dalam industri Information and Communication of Technology (ICT).

"Solusi ini tidak hanya meningkatkan keahlian komputasi namun juga memberdayakan korporasi (enterprise) untuk berkembang di era digital secara efisien dan berkelanjutan," ujar Wang melalui keterangannya, Minggu (30/6/2024).

Dalam perihal perangkat keras, rangkaian server menyediakan daya komputasi heterogen berbobot tinggi, dan all-flash storage berkinerja tinggi nan bisa meningkatkan kecepatan pelatihan model AI alias kepintaran buatan (artificial intellience).

Jaringan lossless mencapai zero packet loss dan latensi level mikrodetik. Selain itu, IDC dirancang dengan mode fully-cooled modular prefabrikasi nan mendukung efisiensi daya dengan Power Usage Effectiveness (PUE) sebesar 1,13.

Dalam perihal perangkat lunak, ZTE membangun platform komputasi pandai AI Booster untuk mengoptimalkan penggunaan Graphics Processing Unit (GPU) melalui automatic parallel training, dan mengurangi halangan pengembangan melalui visual development, serta mengoptimalkan self-adaptive parameter.

Rangkaian perangkat lunak ini mempunyai peran krusial dalam mendorong potensi aplikasi berbasis AI di beragam industri.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Data Center Ramah Lingkungan

ZTE menyediakan solusi nan disesuaikan dengan beragam skenario penggunaan. Dalam perihal komputasi umum (general computing), termasuk jasa telekomunikasi dan cloud, ZTE menyediakan serangkaian server nan dilengkapi dengan liquid cooling. Server ini memberikan daya komputasi nan lebih efisien dan irit biaya.

Untuk skenario penggunaan nan memerlukan penyimpanan video berukuran besar, ZTE menyediakan server dengan penyimpanan berkapasitas besar.

Di beberapa sektor seperti finansial dan komputasi ilmiah, ZTE menyediakan 4-socket server terdepan di industri.

Selain itu, untuk lingkungan komputasi dengan kepadatan tinggi, ZTE meluncurkan liquid-cooling cabinet IceCube nan mendukung pengembangan data center ramah lingkungan dan efisien.

Sedangkan dalam bagian komputasi pandai (intelligent computing), ZTE menyediakan rangkaian solusi termasuk training server, inference server, serta AiCube.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Pengunjung bermain catur melawan robot di Robopark Indonesia, Pluit Village Mall, Jakarta, Selasa (25/06/2024). (merdeka.com/Arie Basuki)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi