Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara. Untuk mempersiapkan kehadiran banyak orang ke area IKN di Kalimantan Timur, perusahaan telekomunikasi XL Axiata turut mengembangkan dan memperkuat prasarana jaringannya di area tersebut.
Upaya ini sekaligus merupakan jawaban XL Axiata atas lonjakan trafik jasa di area Kalimantan nan sekarang mencapai 300 persen, dalam setahun terakhir.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata menjelaskan, pembangunan nan kian intensif di area IKN turut mendorong kebutuhan bakal jaringan telekomunikasi nan andal.
"Trafik jasa XL Axiata meningkat signifikan, hingga lebih dari 300 persen dalam setahun terakhir. Oleh lantaran itu, kami konsentrasi pada peningkatan kualitas jaringan, baik di dalam area inti IKN maupun di lokasi-lokasi strategis seperti prasarana jalan tol, bandara, rumah sakit, dan akomodasi pendukung lainnya," kata Gede, sebagaimana dikutip dari siaran pers XL Axiata, Jumat (9/8/2024).
Terkait peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79 yang digelar di IKN pada 17 Agustus mendatang, menurut Gede, XL Axiata telah menambah tiga unit Mobile BTS (MBTS) di sekitar letak upacara.
Penambahan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran konektivitas selama aktivitas berlangsung, dengan koordinasi berbareng pihak Otorita IKN.
Saat ini, total ada 12 BTS nan telah dioperasikan oleh XL Axiata di area ring 1 IKN Nusantara, termasuk prasarana di Swissotel Nusantara.
Kementerian PUPR baru saja merilis video rusun ASN nan ada di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam video tersebut dijelaskan sejumlah ruangan, dan beberapa tempat nan bisa digunakan untuk bekerja bagi ASN nantinya.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.
BTS XL di Wilayah Penyangga IKN
Ke depannya, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapabilitas dan prasarana jaringannya di IKN seiring dengan peningkatan jumlah masyarakat dan aktivitas di area tersebut.
"Kami bekerja-sama dengan Otoritas IKN untuk memastikan jaringan kami dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, baik untuk komunikasi maupun kebutuhan lainnya," tambah I Gede Darmayusa.
Di area penyangga IKN, nan mencakup Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, XL Axiata telah menyiapkan sekitar 500 BTS, sebagian besar merupakan BTS 4G. Di wilayah inti IKN, lebih dari 150 BTS telah terpasang dan menjangkau empat kecamatan utama.
Jaringan Fiber Optik
Selain pengembangan jaringan seluler, XL Axiata juga memperkuat jaringan fiber optiknya, nan siap mendukung jasa telekomunikasi dan internet sigap di IKN.
Salah satu proyek krusial adalah operasional SKKL Batam-Serawak nan menghubungkan Malaysia dan Indonesia, nan telah melangkah sejak Juni 2022.
Infrastruktur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan hubungan internet, terutama untuk wilayah Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
Operasikan SKKL hingga Fiber Optik
Untuk kota Balikpapan, XL Axiata mempunyai lebih dari 570 BTS dengan kebanyakan merupakan BTS 4G, sementara di Kota Samarinda nyaris mencapai 600 BTS dengan kebanyakan merupakan BTS 4G.
Sementara itu, jaringan fiber optik XL Axiata sudah siap mendukung pemerintah untuk menggelar jasa telekomunikasi dan internet sigap di IKN.
XL Axiata juga telah mengoperasikan SKKL Batam - Serawak nan menghubungkan Malaysia - Indonesia melalui Entikong - Pontianak sejauh 120 km.
Infrastruktur ini bakal memperkuat hubungan internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan keahlian dan latency nan lebih sigap dan berkualitas. Infrastruktur ini sudah beraksi sejak 1 Juni 2022.
Jaringan kabel optik ini juga menjadi pengganti gateway international nan baru bagi Indonesia menuju Kuching, Serawak, dan Hongkong, serta menambah keragaman dan keandalan hubungan ke beberapa POP/HUB di Asia.
Layanan Pelanggan
XL Axiata menganggap prasarana ini krusial untuk bisa mengatasi peningkatan trafik info di masa depan dan menyediakan jaringan berbobot sehingga bisa memberikan layananan terbaik kepada pelanggan.
Selain konsentrasi pada jaringan, XL Axiata juga memastikan jasa pengguna di IKN dapat diakses dengan mudah.
Pelanggan dapat menggunakan XL Center Online dan jasa digital lainnya untuk mendapatkan support kapan saja, termasuk melalui gerai bentuk di Balikpapan dan Samarinda. Di area IKN dan sekitarnya, terdapat ratusan mitra retail outlet nan siap melayani kebutuhan pelanggan.
XL Axiata juga menyiapkan tim unik untuk menangani jasa dan keluhan pengguna melalui Call Center dan Digital Care Maya nan tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, serta melalui kanal digital lainnya seperti e-mail dan media sosial.
* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.