Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata meminta pemerintah untuk memberlakukan patokan nan setara jika Starlink menggelar jasa langsung ke konsumen (B2C).
Pasalnya, saat ini Starlink mulai menjajaki jasa direct to sell alias menjual langsung jasa ke konsumen, alih-alih hanya menyediakan prasarana ke pengguna business to business (B2B).
Group Head Corporate Communications & Sustainability XL Axiata, Reza Mirza mengatakan, jasa direct-to-sell sama seperti penjualan langsung ke konsumen (B2C).
Untuk itu, XL mengharapkan pemerintah menerapkan patokan dan tanggungjawab nan setara bagi Starlink dengan tanggungjawab nan dijalankan perusahaan telekomunikasi Indonesia.
"Untuk direct-to-sell (Starlink), kami berambisi pemerintah juga menerapkan level playing field nan sama. Kami mendorong, memohon ke pemerintah agar Starlink setidaknya melakukan kerja sama dengan penyelenggara seluler alias operator, jadi tidak direct ke end user," kata Reza, ditemui di Jakarta, Rabu (5/4/2024).
Reza mengatakan, pihaknya memandang teknologi internet berbasis satelit low-earth-orbit seperti Starlink merupakan teknologi baru nan semestinya bisa dikolaborasikan dengan perusahaan telkomunikasi eksisting.
"Karena jika direct ke end user itu dampaknya besar ke industri (telekomunikasi)," katanya.
XL Axiata sendiri telah aktif menyuarakan pandangannya tentang layanan Starlink ke pengguna melalui Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).
Saat ini, ATSI nan beranggotakan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia tengah menunggu pengarahan dari pemerintah mengenai perihal ini.
Meski mempunyai keberatan tentang kehadiran layanan langsung Starlink ke pelanggan, XL Axiata terbuka untuk kerja sama business to business dengan Starlink sebagai penyedia jasa internet berbasis satelit.
"Kami terbuka untuk kerjasama dengan Starlink tetapi konkretnya seperti apa, tetap belum. Kami terbuka untuk kerjasama B2B," dia menuturkan.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.
XL Rilis Paket Internet Bebas Puas Mulai Rp 2000, Pelanggan Bisa Atur Kuota Sesuai Kantong
XL Axiata merilis paket internet Bebas Puas. Paket internet ini hadirkan kuota harian dan masa aktif nan bisa terus terakumulasi.
Kehadiran paket Bebas Puas merupakan upaya XL Axiata untuk menjembatani kebutuhan pengguna nan melakukan pembelian kuota harian.
Hal ini tidak lepas dari hasil survei XL Axiata yang menyebut jika ada cukup banyak pengguna nan memilih membeli kuota harian lantaran lebih terjangkau dari sisi ekonomis daripada jika membeli kuota bulanan.
Apalagi, pelanggan XL Axiata terdiri dari beragam lapisan ekonomi. Kuota internet sendiri dimanfaatkan secara beragam oleh pelanggan, untuk bekerja, belajar, kebutuhan hiburan, terhubung dengan keluarga, hingga untuk mendukung upaya produktif mereka.
Paket Bebas Puas XL Axiata
Dengan begitu, kehadiran Paket Bebas Puas ini seolah memberikan elastisitas nan tinggi bagi pengguna untuk memilih paket sesuai dengan keahlian ekonomi dan kebutuhan mereka.
Adapun paket Bebas Puas XL Axiata ini dibanderol mulai dari Rp 2.000 untuk kuota 0,4GB dengan masa aktif 1 hari, Rp 3.000 untuk kuota 1GB per hari, Rp 6.000 dengan kuota 3GB, Rp 8.000 dengan kuota 5GB, Rp 15 ribu per lima hari, Rp 30 ribu per 10 hari, dan lain-lain.
Paket Bebas Puas ini bisa didapatkan mulai 30 Mei 2024 melalui aplikasi MyXL, toko pulsa, dan toko online.
Dikatakan oleh Direktur sekaligus Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, XL Axiata memahami akses digital merupakan perihal nan krusial bagi masyarakat di semua lapisan ekonomi. XL juga mengerti jika kebutuhan pengguna satu dengan lainnya masing-masing berbeda.
XL Axiata Rilis Produk Baru
Oleh karenanya, XL Axiata berupaya mengembangkan penawaran produk baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
"Kebutuhan nan berbeda itu nan mendasari kami merancang paket baru 'Bebas Puas'. Paket internet Bebas Puas ini menawarkan elastisitas tinggi bagi pengguna memilih paket sesuai keahlian dan kebutuhan mereka," kata David, dalam peluncuran paket internet Bebas Puas di Jakarta, Rabu (5/4/2024).
Paket ini disebut Bebas Puas lantaran menawarkan kelebihan berupa kuota dan masa aktif nan bisa diakumulasi. Kelebihan untuk akumulasi kuota dan masa aktif ini adalah satu-satunya di pasaran.
Artinya, ketika pengguna membeli paket Bebas Puas, masa aktif bakal ditambah. Hal ini membikin pengguna punya masa aktif nan panjang. Jika diakumulasikan, pembelian kuota harian apalagi bisa mempunyai masa aktif seperti saat membeli kuota bulanan.
* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.