UMKM Binaan BRI, Minimizu Beri Warna Berbeda di Pameran Kriyanusa 2024

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Pada pameran kerajinan dan seni kriya Kriyanusa 2024 nan diadakan di Jakarta Convention Center pada 28 Agustus-1 September 2024, Minimizu sebagai salah satu upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bimbingan Rumah BUMN (RB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI ikut ambil peran.

Merek nan bergerak di bagian seni imajinatif ini mulanya digagas oleh pasangan Agri dan Irna. Irna menyebut, Minimizu nan didirikan pada 2020 diawali dari kegemaran sang suami.

"Minimizu sendiri produknya spesifik ke natural decoration alias home dekor nan semuanya serba natural," kata Agri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Minimizu sendiri mempunyai beberapa produk, seperti aquascape, paludarium, terrarium, dan moss art. UMKM ini menghasilkan produk unik dengan beragam macam model dan kreasi sesuai permintaan konsumen.

Dijual secara offline dan online, Minimizu menerapkan sistem pre-order nan dikerjakan selama 5 hari sampai 4 minggu, berjuntai pada volume dan tingkat kerumitan produk. Agri dan Irna juga memberdayakan empat tenaga kerja untuk membantu proses produksi.

Adapun produk nan paling unik, ialah paludarium nan merupakan campuran air dengan darat, menampilkan hiasan separuh air, dengan tanaman darat di atasnya.

Irna menuturkan, awal mula Mimimizu berasosiasi dengan Rumah BUMN BRI adalah melalui program inkubator upaya berjulukan BRInkubator nan merupakan pengembangan bagi pelaku UMKM dengan tujuan meningkatkan kapabilitas usaha.

Minimizu pun mendaftar dan dari program nan melangkah pada 2023 itu, sukses menduduki ranking 1 di BRInkubator.

Irna mengungkapkan, dalam masa inkubasi nan menyantap waktu satu bulan, UMKM diberikan pelatihan-pelatihan dan serangkaian tes. Sejak saat itu, Minimizu mulai dikenal luas, antara lain lantaran keaktifan BRI mempromosikan produknya. Alhasil, omzet nan dihasilkan pun mencapai puluhan juta dalam satu bulan dengan pengiriman produk sampai ke Jepang dan Italia.

"Dengan berasosiasi di Rumah BUMN BRI, produk kami jadi lebih banyak dikenal oleh masyarakat sekitar. Beberapa lembaga juga mengontak andaikan mereka memerlukan hiasan di instansi alias keperluan suvernir," kata Irna.

Irna mengakui, keputusan gabung dengan Rumah BUMN BRI merupakan langkah tepat, lantaran Minimizu kemudian mendapatkan banyak orderan.

"Semoga ke depannya terus bersambung dan lebih banyak proyek kolaborasi," ujarnya berharap.

Terkait partisipasi Minimizu pada arena Kriyanusa 2024, Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto menyampaikan bahwa kesempatan berperan-serta pada aktivitas itu merupakan corak komitmen BRI dalam memberdayakan UMKM binaan, sejalan dengan komitmen BRI mendukung UMKM naik kelas hingga pasar global.

"Harapannya dengan adanya event berskala nasional seperti ini bakal terus membuka akses dan kesempatan kepada para pelaku UMKM nan ujungnya dapat membikin mereka naik kelas," kata Sunarso.

Adapun UMKM nan berasosiasi dalam pameran Kriyanusa 2024 mencapai 420 stan kriya, dengan 30 persen berasal dari perajin muda, kemudian ada 24 stan kuliner. Pameran nan tahun ini mengangkat ikon kebudayaan Kalimantan Timur itu dimeriahkan dengan beragam aktivitas seperti pameran, fashion show, talk show, hingga lokakarya dan sajian musik.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com