Liputan6.com, Jakarta - Demi mendukung suksesnya Pilkada 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengkalim telah melakukan beragam upaya untuk memastikan kelancaran jasa info dan telekomunikasi, terutama pada hari-H pencoblosan.
Dengan jangkauan nan luas mencakup 5.262 kecamatan dan 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, XL Axiata siap mengakomodir kebutuhan komunikasi masyarakat di seluruh Indonesia.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyebut perusahaan telah sepenuhnya mempersiapkan jaringan nan andal untuk menjamin kelancaran komunikasi selama Pilkada 2024.
"Dengan prasarana nan kuat dan tim berpengalaman, kami optimistis dapat memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat di seluruh Indonesia," klaim Gede melalui keterangannya, Rabu (27/11/2024). Perusahaan memprediksi bakal terjadi peningkatan trafik sekitar 8%-15% selama Pilkada 2024 dibandingkan kondisi normal hari biasa.
Gede mengatakan petugas dan tim jaringan XL Axiata bakal siap siaga di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) milik XL Axiata di Jakarta.
"Antisipasi jika terjadi kondisi darurat juga sudah disiapkan untuk memastikan jaringan nan berkualitas. XL Axiata berambisi dengan persiapan nan matang, masyarakat dapat menjalankan kewenangan suaranya dengan lancar dan aman," dia menguraikan.
Penguatan Jaringan
Berbagai persiapan nan telah dilakukan mencakup terutama penguatan jaringan, di mana XL Axiata telah melakukan peningkatan kapabilitas jaringan di wilayah-wilayah nan menjadi letak pemungutan suara.
Penambahan BTS (Base Transceiver Station) dan peningkatan bandwidth dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama hari pemungutan suara.
Selanjutnya, juga dilakukan monitoring secara intensif oleh tim teknis atas keahlian jaringan selama penyelenggaraan Pilkada 2024. Jika terjadi potensi gangguan bakal akan segera ditangani.
Kemudian XL Axiata juga menyiapkan jasa pengguna nan responsif, dengan menambah jumlah petugas nan siap membantu masyarakat dan pemilih nan memerlukan info mengenai jaringan dan jasa telekomunikasi.
Kantongi 58,6 Juta Pelanggan
Secara nasional, XL Axiata mempunyai lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS dengan kebanyakan BTS 4G.
Perusahaan juga mempunyai jaringan tulang punggung fiber optik nan membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan info nan tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia nan sangat luas.
XL Axiata berupaya untuk terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan beragam upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapabilitas jaringan, dan kualitas jasa info seiring dengan terus meningkatnya trafik jasa data.