Top 3 Tekno: Indonesia Negara Pertama di ASEAN Selesaikan Penilaian AI dari UNESCO hingga iOS 18.0.1

Sedang Trending 5 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia diketahui sukses menjadi negara pertama di Asia Tenggara nan menyelesaikan penilaian komprehensif dalam kesiapan mengangkat teknologi AI.

Penilaian itu dilakukan menggunakan metodologi RAM (Readiness Assessment Methodology) nan dikembangkan UNESCO. Artikel ini pun menjadi salah satu nan menarik bagi pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (5/6/2024).

Selain itu, topik lain nan mendapat sorotan pembaca adalah OpenAI nan baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT berjulukan Canvas. Disebutkan, fitur ini bakal segera tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team.

Terakhir, tulisan lain nan juga terkenal adalah soal pembaruan iOS 18.0.1 nan sudah datang untuk para pengguna iPhone. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak info lengkapnya berikut ini. 

1. Indonesia Selesaikan Penilaian Kesiapan AI dari UNESCO, Pertama di ASEAN

Indonesia sukses mencatatkan sejarah baru dalam pengembangan kepintaran buatan alias AI di area Asia Tenggara. Sebab, Indonesia dinyatakan sebagai negara pertama di area ini nan sukses menyelesaikan penilaian komprehensif terhadap kesiapannya dalam mengangkat teknologi AI.

Penilaian nan dilakukan menggunakan metodologi RAM (Readiness Assessment Methodology) nan dikembangkan UNESCO. Metodologi ini memberikan gambaran jelas tentang kekuatan dan kelemahan Indonesia dalam pengembangan AI.

Hasil penilaian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan AI nan lebih terarah serta komprehensif.

Baca selengkapnya di sini. 

2. OpenAI Rilis Antarmuka ChatGPT Baru Bernama Canvas, Apa Keunggulannya?

OpenAI baru saja meluncurkan antarmuka workspace terbaru untuk ChatGPT nan disebut Canvas. Fitur ini bakal segera tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Team.

Mengutip Engadget, Sabtu (5/10/2024), pengguna Enterprise dan Edu bakal dapat mengakses Canvas mulai minggu depan.

Canvas adalah ruang antarmuka virtual untuk menulis dan membikin kode proyek nan memungkinkan pengguna berkonsultasi dengan ChatGPT pada bagian tertentu dari suatu proyek.

Terdapat jendela terpisah terbuka di samping ruang obrolan Utama, dan pengguna dapat meletakkan tulisan alias kode pada "kanvas" baru ini.

Mereka juga bisa meng-highlight bagian-bagian tertentu agar bisa lebih konsentrasi dan diedit seperti penyunting naskah alias peninjau kode.

Baca selengkapnya di sini

3. iOS 18.0.1 Hadir! Perbaiki Bug iPhone 16 dan Persiapan Sambut Apple Intelligence

Apple baru saja merilis iOS 18.0.1! Pembaruan ini dirilis tak lama setelah peluncuran iPhone 16 dan iOS 18 dua minggu lalu, dan diluncurkan untuk mengatasi beragam bug.

Adapun update iOS 18.0.1 ini disebar ke seluruh pengguna, khususnya pemilik iPhone 16 series. Tapi bukan hanya itu, Apple juga 'memanaskan mesin' untuk kehadiran kepintaran buatan, Apple Intelligence, di iOS 18.1.

Sebelumnya, beberapa pengguna iPhone 16 series sempat mengeluhkan layar sentuh kurang responsif. Masalah ini langsung Apple atasi di iOS 18.0.1. Tak hanya itu, perusahaan juga membenahi bug di kamera.

Baca selengkapnya di sini. 

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi