Top 3 Tekno: Deretan Fitur Android 15 hingga 200 Aplikasi Berbahaya di Google Play

Sedang Trending 1 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Deretan fitur Android 15 bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (17/10/2024) kemarin.

Berita lain nan juga terkenal ialah mengenai 200 aplikasi Android nan terdeteksi rawan di Google Play.

Lebih lengkapnya, simak tiga buletin terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Android 15 Sudah Dirilis, Simak Fitur Baru nan Wajib Kamu Coba!

Android 15 akhirnya resmi diluncurkan dan sudah dapat dinikmati oleh seluruh pengguna Google Pixel di seluruh dunia.

Meskipun pembaruan ini sedikit terlambat dari jadwal, pengguna HP Pixel tetap dimanjakan dengan beberapa fitur baru nan menarik.

Seperti pembaruan Android sebelumnya, Android 15 membawa berbagi peningkatan dan perubahan penting.

Namun, kali ini Google tidak konsentrasi pada perubahan besar dari sisi visual, melainkan pada fitur praktis dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Meskipun tidak menghadirkan perubahan kreasi besar-besaran, fitur Android 15 tetap memperkenalkan sejumlah perihal berfaedah bagi pengguna.

Berikut ini deretan fitur Android 15 nan wajib Anda coba.

Baca selengkapnya di sini 

2. 200 Aplikasi Berbahaya di Google Play Terungkap, Total Capai 8 Juta Unduhan!

Dalam jangka waktu satu tahun, Google Play Store telah mendistribubsikan lebih dari 200 aplikasi berbahaya, nan secara kumulatif telah diunduh sebanyak delapan juta kali.

Fakta ini terungkap dalam laporan terbaru dari tim peneliti ancaman siber di Zscaler, di mana mereka menganalisa ancaman dari Juni 2023 hingga April 2024.

Mengutip laporan Zscaler via Bleeping Computer, Kamis (17/10/2024), berikut adalah daftar ancaman siber paling terkenal di Google Play.

  1. Joker (38.2 persen): Malware pencuri info pribadi dan pesan SMS, nan dapat mendaftarkan korban pada jasa premium tanpa sepengetahuan mereka.
  2. Adware (35.9 persen): Aplikasi malware ini menyedot kuota internet dan baterai, serta menampilkan iklan nan mengganggu di layar perangkat.
  3. Facestealer (14.7 persen): Trojan ini mencuri kredensial akun FB melalui blangko phising nan tampak seperti aplikasi media sosial sah.
  4. Coper (3.7 persen): Malware nan dapat mencuri informasi, mencegat SMS, dan melakukan keylogging serta overlay phishing.
  5. Harly (1.4 persen): Trojan nan memaksa pengguna berlangganan jasa premium tanpa sepengetahuan mereka.
  6. Anatsa (0.9 persen): Trojan perbankan nan menargetkan lebih dari 650 aplikasi bank di seluruh dunia.

Baca selengkapnya di sini 

3. Realme 13+ 5G: HP Gaming Kelas Menengah dengan Harga Rp 4 Jutaan

Realme resmi mengumumkan kehadiran Realme 13+ 5G di Indonesia. Smartphone ini datang dengan spesifikasi nan menggiurkan, terutama bagi para gamer mobile nan mencari performa tinggi tanpa kudu merogoh kocek terlalu dalam.

Realme 13+ 5G datang dengan kreasi nan elegan dan modern, serta bodi nan kokoh. Namun, nan menjadi sorotan utama adalah performa gaharnya nan ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7300 Energy.

Chipset ini dipadukan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, memastikan multitasking melangkah lancar dan aplikasi berat tetap responsif.

Untuk mendukung pengalaman gaming nan imersif, Realme membekali perangkat ini dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci.

Layar ini menawarkan refresh rate hingga 120Hz, sehingga tampilan visual menjadi lebih lembut dan responsif, terutama saat bermain game dengan aktivitas cepat.

Selain performa nan gahar, HP Realme juga dibekali dengan keahlian fotografi nan cukup mumpuni.

Ada kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX682 dilengkapi dengan fitur OIS untuk menghasilkan foto nan lebih stabil. Sementara kamera depan 16MP siap menemani pengguna berpotret selfie.

Baca selengkapnya di sini 

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi