Tombol Kamera iPhone 16 Series Langsung Dijiplak di HP China, Siapa Saja?

Sedang Trending 3 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple kembali menarik perhatian bumi lewat peluncuran iPhone 16 series pada 10 September 2024. Salah satu fitur nan mencuri perhatian adalah tombol kamera bentuk terletak di sisi bodi ponsel.

Meskipun mendapat sambutan hangat, tidak semua pihak merasa fitur ini inovatif. Sebagian pengguna Apple menilai kehadiran tombol kamera tersebut tidak lebih dari sebuah pembaruan biasa.

Namun, terlepas dari kritik nan muncul, fitur ini justru menjadi tren baru diikuti oleh para produsen smartphone, terutama dari China.

Setelah Realme, sekarang giliran Oppo dan Nubia mengangkat tombol kamera bentuk pada ponsel Android mereka.

Mengutip Phone Arena, Jumat (20/9/2024), Oppo dan Nubia bakal menghadirkan tombol kamera serupa.

Seperti di iPhone 16 series, tombol kamera di ketiga HP Android ini memungkinkan pengguna membuka aplikasi kamera dengan sigap serta melakukan zoom in dan out saat mengambil foto.

Leaker terkemuka Ice Universe juga membocorkan, Oppo Find X8 bakal datang dengan tombol bentuk berjulukan "Quick Button", nan fungsinya mirip dengan nan ada di iPhone 16.

Di sisi lain, Nubia juga siap meluncurkan ponsel terbaru dengan layar nan lebih canggih, fitur AI, dan tombol kamera.

Menariknya, meskipun sekarang diikuti oleh banyak produsen, Apple bukanlah pelopor tombol kamera bentuk di ponsel.

Namun, langkah Apple mengintegrasikan fitur ini di iPhone 16 series bisa mengubah persepsi dan menciptakan tren baru di bumi smartphone.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Tombol Kamera di iPhone 16 Mulai Ditiru

 Apple)</p>

Realme, salah satu produsen smartphone asal China menjadi nan pertama mengintegrasikan tombol serupa ke HP baru mereka.

Hal ini diungkap oleh Chase Xu, VP and Chief Marketing Officer Realme, melalui video pendek di platform media sosial di China, ialah Wiebo.

Dari video tersebut, tampak HP Realme nan tetap dalam tahap pengembangan itu mempunyai tombol kamera di sisi seperti di iPhone 16. Berdasarkan tata letak ini, pengguna semakin mudah mengakses aplikasi kamera.

Dilansir Phone Arena, Senin (16/9/2024), tombol ini tidak hanya berfaedah untuk membuka aplikasi kamera, tetapi juga memungkinkan pengguna  HP Apple ini melakukan zoom in dan out, serta mengambil foto dengan sekali tekan.

Kapasitas RAM Semua Model iPhone 16 Terungkap

 Apple)

Apple memang terkenal suka merahasiakan spesifikasi teknis iPhone mereka, terutama soal kapabilitas RAM. Namun, perihal tersebut tidak berlangsung.

Biasanya, Apple fanboy kudu menunggu beragam teardown iPhone terbaru setelah perusahaan mulai menjual ponsel mereka di pasaran.

Kini, info lebih perincian tentang spesifikasi iPhone 16 series pun sudah terungkap sehari setelah Apple mengumumkan ponsel teranyarnya.

Mengutip laporan MacRumors dan ISWUpdate, Kamis (12/9/2024), rupanya Apple menyematkan RAM 8GB di iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Ini artinya, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendapatkan peningkatan RAM cukup besar dari hanya 6GB di generasi sebelumnya menjadi 8GB.

Sementara itu, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max mempertahankan kapabilitas RAM 8GB seperti pendahulunya.

Peningkatan dari iPhone 15 Series

<p>Berapa nilai iPhone 16 Pro series? (Doc: Apple)</p>

Peningkatan RAM ini tentu bakal berakibat positif pada performa keseluruhan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, terutama dalam hal multitasking.

Diyakini, peningkatan kapasitas RAM iPhone ini menjadi argumen ponsel baru milik perusahaan berbasis di Cupertino ini mendukung fitur Apple Intellegence secara optimal.

Di mana, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya bakal mendapatkan fitur terbatas berbasis AI tersebut di dalam perangkat.

iPhone 16 Pro hadir dengan hardware dan software nan mendukung fitur kepintaran buatan Apple Intelligence. Apple Intelligence ini diklaim bisa memahami konteks pribadi nan memberikan kepintaran untuk mendukung kebutuhan pengguna sekaligus melindungi privasi. 

HP ini datang dengan empat opsi warna ialah Titanium Black, Nature Titanium, Tatinium White, dan Desert Titanium.  

Kinerja iPhone 16 Pro didukung chip A18 Pro, apalagi Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menyebut iPhone 16 Pro series menjadi model iPhone tercanggih nan pernah dibuat Apple. 

Chipset ini datang dengan teknologi 3-nanometer dengan support Neural Engine 16-core. Kecepatan GPU-nya diklaim 20 persen lebih sigap dibanding generasi sebelumnya. 

Upgrade lain nan adalah kamera nan lebih canggih dengan keahlian perekaman 4K 120 pada format Dolby Vision.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi