Tok! Olympic Esports Games Pertama Digelar di Arab Saudi 2025

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - International Olympic Commitee (IOC) akhirnya mengumumkan peluncuran Olympic Esports Games, menandai langkah krusial dalam integrasi esports ke dalam bumi Olimpiade.

Rencananya, Olympic Esports Games ini bakal digelar perdana pada tahun 2025 di negara Arab Saudi sebagai tuan rumah.

“Ini betul-betul era baru bagi IOC,” kata Presiden IOC Thomas Bach, sebagaimana dikutip dari CNET, Jumat (26/7/2024).

Ia menambahkan, “komunitas esports nan terwakili dalam Komisi Esports kami sangat antusias terlibat dalam inisiatif ini.”

Meskipun tetap ada waktu hingga 2025, IOC belum memutuskan letak spesifik dan tanggal penyelenggaraan Olympic Esports Games. Selain itu, daftar game nan bakal dipertandingkan juga belum ditentukan.

Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, Menteri Olahraga dan Presiden Komite Olimpiade dan Paralimpiade Arab Saudi, menekankan pentingnya inisiatif ini.

“Komitmen kami terhadap esports mencerminkan bumi tempat generasi muda kita tinggal. Kini kita semua mempunyai kesempatan untuk bersama-sama menulis sejarah Olimpiade baru,” ujarnya.

Putri Reema Bandar Al-Saud, personil majelis Komite Olimpiade dan Paralimpiade Arab Saudi, menambahkan, “Dengan lebih dari 23,5 juta gamer, banyak di antaranya adalah wanita."

"Menjadi tuan rumah Olimpiade Esports pada tahun 2025 adalah kemajuan alami dalam perjalanan kami untuk membuka Arab Saudi kepada bumi dan bumi kepada Arab Saudi,” katanya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi