Tingkatkan Antusias Membaca Melalui Literasi Asyik di Mading Sekolah Menggunakan KODING (Komik Kipin di Mading) !

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
Antusias siswa SDN 162 Baringeng Sulawesi Selatan dalam membaca Koding berjudul ‘Sabun vs Virus’; salah satu komik literasi Kipin Seri Kesehatan

Memupuk minat baca anak-anak Indonesia menjadi salah satu langkah peningkatan keahlian literasi secara keseluruhan.  Sesuai dengan ketetapan Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bahwa terdapat 6 Literasi Dasar nan perlu dimiliki oleh anak alias peserta didik. Salah satu golongan literasi dasar tersebut adalah Literasi Baca Tulis. Dengan membaca, diharapkan anak bisa membangun kecakapan untuk memahami referensi berupa teks nan tersirat alias tersirat, untuk mengembangkan wawasan dan kompetensi diri.

Tidak hanya menjadi tanggungjawab individu, pengetahuan bakal pentingnya literasi menjadi tanggung jawab beragam pihak. Orangtua anak, lingkungan sekitar, hingga beragam pihak nan terlibat dalam lembaga pendidikan memegang peranan krusial dalam menegakkan literasi dan pengetahuan anak. Selain itu, dalam era digitalisasi nan tengah dilalui sekarang ini, masyarakat diharapkan mendapatkan kemudahan akses untuk mendapatkan bahan referensi berbobot untuk meningkatkan pengetahuan. Tidak ketinggalan, bahan referensi nan berbobot dan menarik bakal meningkatkan minat masyarakat, terutama anak-anak untuk semangat membaca dan belajar.

Mengetahui kebutuhan bahan referensi nan mendidik dan menarik sangat dibutuhkan oleh anak, maka Kipin secara aktif memproduksi media belajar berupa komik literasi. Komik dipilih sebagai media pembelajaran nan MENDIDIK dan FUN

MENDIDIK:  Konten edukatif, pendidikan moral, budi pekerti, pengetahuan umum, kesehatan, dan sejarah.
FUN: Bahan referensi penuh gambar, bewarna, berisi percakapan tokoh cerita nan menarik

Bahan referensi berisi cerita dan percakapan dan disuguhkan secara ilustratif, full color. Tak hanya itu,  komik literasi juga berisi pengetahuan pengetahuan nan meningkatkan wawasan siswa!

Selain menyajikan media belajar komik di aplikasi Kipin School 4.0, pengguna, alias dalam perihal ini sekolah, mendapatkan penawaran menarik untuk mempunyai dan menyajikan komik literasi Kipin sebagai bahan mading sekolah. 

Mempersembahkan Koding alias Komik Kipin di Mading! Koding datang mendukung peningkatan literasi anak Indonesia dengan membagikan bahan referensi edukatif nan disajikan melalui cerita dan ilustrasi gambar nan menarik. Komik secara eksklusif dibagikan dalam corak layout ukuran A0 sehingga dapat dicetak dan ditempel sebagai bahan majalah tembok sekolah.

Berbagai SD dan MI di penjuru Indonesia telah berperan-serta dalam pemasangan Koding di sekolah mereka. Seperti pada kejuaraan DUKI Meng-Koding nan membujuk beragam pembimbing untuk mempromosikan dan menghadirkan antusias dari sekolah dan siswa terhadap Koding sebagai solusi literasi menarik untuk mading sekolah!

Antusias siswa SDN Wonokusumo V/44 dalam membaca Koding berjudul ‘Sabun vs Virus’; salah satu komik literasi Kipin Seri Kesehatan

Kompetisi nan berjalan dari bulan November 2023 hingga Januari 2024 ini sukses membujuk lebih dari 50 SD dan MI untuk mengkreasikan mading sekolah menggunakan komik literasi Kipin dan bergerak menggalakkan Gerakan Literasi Nasional!

Program Komik Kipin untuk Mading sekolah ini terus dibuka dan mempersilakan setiap SD, MI, dan lembaga pendidikan untuk mengikutinya. Jika Anda merupakan pustakawan alias pembimbing sekolah, madrasah, alias lembaga nan bergerak pada peningkatan literasi dan pendidikan anak, silakan daftarkan diri Anda pada program KODING dengan mengikuti langkah berikut:

1. Mengisi blangko pengajuan Koding di bit.ly/SDMengKODING
2. Mendapatkan file komik melalui e-mail alias Whatsapp
3. Silahkan cetak dan pasang di sekolah/madrasah/instansi Anda masing-masing
4. Dokumentasikan pemanfaatan Koding di sekolah/madrasah/instansi dan kirimkan pada Tim Kipin

Kirimkan pengarsipan sebanyak-banyaknya dan menangkan bingkisan menarik dari KIPIN. Salam literasi!

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id