Liputan6.com, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyematkan teknologi AI untuk mengoptimalkan proses monitoring dan manajemen jaringan nan lebih efisien dan akurat, serta mengurangi ketergantungan pada pemeriksaan manual. Implementasi teknologi AI pada Netmonk berupa virtual assistant Artificial Intelligence (AI) ini diberi nama MONA.
MONA datang pada dua produk unggulan Netmonk, ialah Netmonk Prime dan Netmonk HI. Tidak hanya memberikan kemudahan dalam melakukan monitoring jaringan, MONA juga bisa merangkum beragam info secara real time terhadap seluruh aktivitas nan dimonitor.
Selain itu, MONA dapat menampilkan info tersebut secara tekstual dan jelas sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna. MONA juga dapat memberikan analisa dan rekomendasi penyelesaian solusi ketika terjadi kejadian di dalam jaringan, server, maupun web/API.
“Telkom berkomitmen untuk terus mengangkat teknologi terkini untuk meningkatkan akuntabilitas dari seluruh produk dan jasa digital. Seperti penyematan AI pada Netmonk nan diberi nama MONA. Dengan MONA, monitoring jaringan di Netmonk sekarang semakin efisien. Hal ini selaras dengan komitmen Telkom dalam mempercepat pembangunan prasarana dan platform digital pandai nan berkelanjutan,” ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.
MONA Dilengkapi Fitur Predictive Analysis
Lebih lanjut, MONA juga dilengkapi fitur predictive analysis yang berfaedah untuk memprediksi kesiapan kapabilitas jaringan maupun server di waktu mendatang. Kapasitas tersebut meliputi daya tampung jaringan maupun server, baik dari sisi CPU, memori, alias disk. Fitur predictive analysis membuat perusahaan bisa dengan tepat dan efisien dalam merencanakan kebutuhan kapabilitas di masa nan bakal datang.
“MONA turut memberikan elastisitas lantaran bisa diakses kapanpun dan di beragam perangkat. Selain itu, MONA juga memberikan notifikasi interaktif nan dapat direspon oleh pengguna. MONA menjadi solusi untuk meminimalisir timbulnya akibat operasional nan dapat berakibat pada upaya pengguna,” tambah Komang.
Implementasi AI pada Netmonk nan berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital menjadi langkah maju untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan pada proses monitoring jaringan pengguna.
Tidak hanya Netmonk, Leap Telkom Digital juga memayungi beragam produk dan jasa digital Telkom lainnya nan dapat dilihat di https://leap.digitalbisa.id/our-product.
(*)
* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.