Telkom Melalui BigAssistant: AI Adalah Kunci Masa Depan

Sedang Trending 11 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- PT Telkom Indonesia (Telkom) melalui visi 'AI for the Nation', terus mengembangkan teknologi kepintaran buatan (Artificial Intelligence/AI) nan berakibat luas bagi bisnis, masyarakat, dan negara.

Salah penemuan nan ditawarkan Telkom adalah BigAssistant, memanfaatkan keahlian Generative AI untuk menghadirkan hubungan percakapan nan lebih cerdas, relevan, dan personal.

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, mengatakan perusahaan meyakini bahwa teknologi AI adalah kunci masa depan. Melalui BigAssistant, Telkom mau memastikan semua komponen mempunyai akses ke platform nan dapat memberdayakan pelanggan.

"Dengan keahlian nan terus diperbarui dan diperluas, BigAssistant mendukung pengguna dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan jasa nan lebih baik kepada pelanggan,” kata Budi, melalui keterangan resminya, Jumat (27/9/2024).

BigAssistant datang untuk menjawab tantangan tersebut dengan teknologi chatbot AI, nan memungkinkan pengguna mendapatkan jawaban lebih kontekstual sesuai kebutuhan.

Fitur unggulan seperti Multidata Knowledge memungkinkan BigAssistant menerima dan mengolah info dari beragam sumber, termasuk arsip teks, gambar, info tabular, URL website, hingga integrasi API.

Fitur tersebut memastikan pengelolaan info nan lebih komprehensif, memberikan nilai tambah bagi pengguna dalam mengambil keputusan nan lebih tepat dan cepat.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bantu Perusahaan Kurangi Jejak Karbon

Kemampuan Multichannel Endpoint juga memastikan aksesibilitas nan tinggi, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan BigAssistant melalui beragam saluran seperti WhatsApp, aplikasi BigAssistant, dan Telegram.

Ada pula fitur Knowledge Reference nan bisa menyertakan sumber info dalam setiap jawaban, juga menjamin keabsahan dan transparansi informasi, untuk membangun kepercayaan nan lebih tinggi dengan pengguna dan publik.

"Dalam beragam skenario seperti jasa pelanggan, pencarian informasi, alias tugas-tugas operasional nan kompleks, BigAssistant membantu meningkatkan efisiensi dengan mengotomatisasi proses, mengurangi beban kerja manual, dan memungkinkan konsentrasi pada tugas-tugas strategis lainnya," Budi menjelaskan.

Tak hanya itu, penggunaan BigAssistant juga mengotomatisasi banyak proses dan mengurangi ketergantungan pada intervensi manual, sehingga membantu perusahaan dan lembaga mengurangi jejak karbon.

Juga mendukung praktik upaya dan pelayanan nan lebih ramah lingkungan, serta memastikan operasional nan efisien.

BigAssistant dari BigBox nan berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital, terus membuktikan diri sebagai solusi AI nan efektif dan dapat diandalkan bagi beragam jenis upaya serta jasa publik.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi