STY Ungkap Faktor Kunci yang Bisa Menangkan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkap faktor kunci yang bisa menjadi pembeda saat Garuda Muda berhadapan dengan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Seperti diketahui, pasukan Merah Putih memang berhasil membuat sejarah dengan merebut tiket empat besar, meski hanya berstatus sebagai tim debutan.

Rizky Ridho dan kawan-kawan finis sebagai runner-up grup A AFC Asian Cup U-23 di bawah tuan rumah Qatar, lalu melesat mengalahkan Korea Selatan lewat play adu penalti di perempat final, Jumat (26/4/2024) lalu.

Hasil ini membawa Timnas Indonesia U-23 harus bersua dengan Uzbekistan dalam fase empat besar. Serigala Putih Muda sebelumnya menyelesaikan persaingan grup D dengan catatan sempurna 3 kemenangan tanpa sekali pun kebobolan, serta mampu menumpas perlawanan Arab Saudi di perempat last lewat keunggulan 3-0.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23 pun tak menampik spartannya kinerja Uzbekistan sejak awal persaingan Piala Asia U-23 2024. Apalagi Serigala Putih Muda memang terlihat punya kemampuan teknis yang baik serta kekuatan fisik mumpuni untuk menghajar tim rival.

Walau begitu, STY cukup pede menyebut persiapan Garuda Muda cenderung berimbang dengan calon lawannya lantaran memiliki waktu recovery sedikit lebih panjang.

Alhasil kini hanya tersisa satu faktor kunci, yakni mental, yang  bisa jadi aspek pembeda untuk memenangkan laga semifinal kontra Uzbekistan di AFC Asian Cup U-23.

Tim kejutan, Indonesia, akan berusaha menciptakan sejarah lebih lanjut saat mereka menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia AFC U23 pada hari Senin. Pemenang pertandingan ini akan mengamankan satu dari slot Asia di turnamen Olimpiade Musim Panas...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar STY Jelang Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

"Sebelum kami bertanding melawan Korea Selatan (di perempat final), saya mengira bahwa jika kami melaju ke semifinal, kami akan mendapat keuntungan (dibanding calon lawan) karena kami memiliki waktu istirahat sehari lebih lama. Itu mungkin akan sangat membantu," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga kontra Uzbekistan, Minggu (28/4/2024).

"Namun, dengan adanya extra time dan adu penalti (di perempat final), kami tidak bisa bilang bahwa kondisi kami 100 persen lebih baik dibanding Uzbekistan. Walau begitu tetap saja, kami setidaknya mendapat sedikit keuntungan dalam hal periode recovery (yang lebih panjang)."

"Di sisi lain, Uzbekistan sendiri sangat siap secara fisik, dan mereka punya kekuatan serta power yang baik, jadi rasanya (Indonesia dan Serigala Putih Muda) cukup seimbang dalam hal persiapan. Oleh karena itu, menurut saya, yang membedakan di laga selanjutnya adalah intelligence (kedua tim)," tandas pelatih Timnas Indonesia U-23.

Tiket Olimpiade 2024 Paris di Depan Mata

Dengan keberhasilan Timnas Indonseia U-23 melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024, tiket menuju Olimpiade 2024 Paris kini sudah ada di depan mata.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong bisa langsung mengamankan slot tanding di panggung multievent terakbar dunia apabila berhasil menaklukkan Uzbekistan, Senin (29/4/2024) malam WIB.

Kalau pun gagal, Garuda Muda masih punya 2 opsi lolos Olimpiade. Timnas Indonesia U-23 dapat berupaya merebut predikat juara 3 atau menang melawan Guinea sebagai peringkat 4 di play-off antarkonfederasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga