Shin Tae-yong Sambut Kembalinya Rafael Struick Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia U-23

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong bakal ketambahan amunisi krusial saat menantang Irak dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Juru strategi asal Korea Selatan sekarang bisa kembali menggunakan jasa pemain muda andalannya Rafael Struick nan sempat tidakhadir dalam partai semifinal kontra Uzbekistan lantaran terkena akumulasi kartu kuning.

Sekadar informasi, Struick memang menjadi sosok krusial dibalik keberhasilan Garuda Muda melaju hingga empat besar Piala Asia U-23 2024. Penggawa ADO Den Haag itu tampil tajam dengan menyumbang 2 gol saat Timnas Indonesia U-23 menghajar Korea Selatan di perempat final.

Sayangnya, Struick terkena dua kartu kuning beruntun, ialah saat melawan Yordania dan Taeguk Warriors muda. Alhasil dia terpaksa melewatkan satu pertandingan dan baru bisa kembali saat Garuda Muda memperebutkan predikat juara 3 AFC Asian Cup U-23 dengan Irak.

"Dia (Rafael Struick) sudah bermain dengan sangat baik sejak awal kompetisi, dia tampil baik mulai dari fase grup dan jelas dia adalah salah satu pemain kunci kami," ucap Shin Tae-yong jelang laga melawan Irak.

"Tentu bukan niat dia (mendapat kartu kuning), tetapi sayangnya Struick kudu menjalani larangan bermain satu pertandingan (saat semifinal).

"Walau demikian, dari situ dia bisa mendapat waktu recovery lebih, sehingga menjadi lebih bugar. Saya kira dia bisa berkontribusi buat tim kami (di laga perebutan juara 3)," tandas ahli strategi Garuda Muda.

Berita video semangatnya suporter timnas Indonesia nan dukung langsung perjuangan Garuda Muda di Stadion Abdullah Bin Khalifah

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kantongi Kunci Keberhasilan Lawan Irak

Di samping kembalinya Rafael Struick, pembimbing Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong juga sudah mengantongi satu perihal nan diyakini bakal jadi kunci keberhasilan timnya saat melawan Irak.

Juru strategi asal Korea Selatan menilai kecepatan pemulihan pemain serta kesiapan mental menjadi aspek krusial nan bisa memenangkan anak-anak asuhnya dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 malam nanti.

"Sebenarnya, skuad kami menghadapi beberapa kesulitan dalam perihal kebugaran pemain (karena sudah terkuras saat musuh Uzbekistan). Jadi kami saat ini sedang konsentrasi recovery," beber STY soal kondisi Timnas Indonesia U-23.

"Saya pikir hasil pertandingan besok bakal berjuntai pada kecepatan pemulihan dan kesiapan mental kedua tim. Makanya kami saat ini konsentrasi untuk pulih secara sigap dari kekalahan sebelumnya, dan kami berupaya menguatkan mental agar bisa menang melawan Irak besok," tambah dia.

Shin Tae-yong Mohon Bantuan AFC

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak segan meminta support AFC selaku konfederasi sepak bola Asia untuk bersikap respek dan setara selama duel perebutan juara 3.

Hal itu dinilai banget diperlukan demi memastikan pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Irak melangkah sebagaimana mestinya.

"Ini adalah perebutan tempat ketiga. Tentu semua tim bakal melakukan nan terbaik, dan saya minta AFC bisa membantu agar laga ini bisa berjalan secara terhormat," ucap Shin Tae-yong.

Jadwal Final dan Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

Perebutan Juara 3

Irak U-23 vs Timnas Indonesia U-23

Kamis, 2 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Abdullah bin Khalifa

Final

Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23

Jumat, 3 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Jassim Bin Hamad

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga