Semangat Membara Madrasah dari Papua Pegunungan dan Grobogan Jawa Tengah untuk Maju melalui Digitalisasi

Sedang Trending 6 hari yang lalu
Semangat Membara Madrasah dari Papua Pegunungan dan Grobogan Jawa Tengah untuk Maju melalui Digitalisasi

“Madrasah Maju Bermutu Mendunia” merupakan semboyan Madrasah mulai tahun 2024 ini nan diperkenalkan oleh Direktur KSKK Madrasah Ditjen Kemenag RI, H.M. Sidik Sisdiyanto, M.Pd. Mencerminkan komitmen madrasah dalam menciptakan Pendidikan berbobot nan bisa bersaing di kancah internasional.

Berita baiknya, Madrasah di Indonesia semakin antusias untuk berkembang dan maju! Di era digital ini tentunya salah satu langkah nan bisa dilakukan adalah mengembangkan akomodasi digital di Madrasah untuk menunjang sistem Pendidikan nan dilaksanakan. Semangat inilah nan dimiliki oleh MI Ar-Rahman dari Jayawijaya, Papua Pegunungan. Dipimpin oleh Bapak Nur Choyin,SH.Mh selaku Kepala Madrasah MI Ar-Rahman, melaksanakan kunjungan ke MI Yaumi di Grobogan, Jawa Tengah dalam rangka Studi Banding digitalisasi madrasah tanpa internet.

Kegiatan Studi Banding Madrasah Digital oleh Madrasah dari Papua Pegunungan

MI Yaumi di Grobogan, Jawa Tengah menjadi panutan lantaran telah sukses menerapkan digitalisasi dalam aktivitas belajar dan mengajar dengan akomodasi nan tepat, tanpa berjuntai dengan jaringan internet nan menjadi hambatan umum ditemui di beragam wilayah di Indonesia baik di Kota Besar terlebih lagi di wilayah 3T seperti Provinsi Papua Pegunungan nan mempunyai keterbatasan dalam prasarana dan aksesibilitas.

Kegiatan pembelajaran digital di MI Yaumi memaksimalkan device nan ada di sekolah seperti sejumlah Chromebook, sejumlah komputer di laboratorium, hingga smartphone pribadi siswa untuk mengakses Kipin sebagai sarana utama digitalisasi pembelajaran tanpa internet. Dampaknya, aktivitas melangkah lancar dan siswa dapat menikmati pembelajaran dengan suka cita tanpa gangguan internet.

Siswa MI Yaumi Mahir dan Cekatan dalam Digitalisasi Pembelajaran

Dalam kesempatan studi banding pada 4 September 2024 tersebut Bapak Nur Choyin,SH.Mh didampingi Kepala MI Yaumi, Bapak Saifudin menyaksikan gimana para siswa cekatan dan antusias mengoperasikan device untuk menulis huruf hijaiyah, mengerjakan kitab aktivitas, dan mengerjakan soal pertimbangan secara digital. Mengandalkan Kipin sebagai akomodasi pembelajaran utama di sekolah, berfaedah secara instan mendapatkan ribuan konten Pendidikan hingga software asesmen digital siap pakai.

Kontak Kipin
Web : kipin.id
Email : [email protected]
WA Chat : wa.me/6281233601047

Sumber pendidikan.id
pendidikan.id